Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Okt 2020 18:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Sedekan River Tubing di Ciamis yang Hits dan Menantang

Dadang Hermansyah
detikTravel
Wisata Sedekan River Tubing Sungai Cileueur, di Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya.
Wisata Sedekan River Tubing Sungai Cileueur, di Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya. (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Ciamis -

Satu lagi destinasi wisata Ciamis, Jawa Barat, yang sedang hits dan baru. Yakni, Wisata Sedekan River Tubing Sungai Cileueur, di Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya.

Bagi yang suka bermain air dan mencari tempat wisata yang asyik dan menantang saat cuti bersama, Sedekan River Tubing bisa jadi rekomendasi untuk liburan akhir pekan. Waktu tempuhnya cukup dekat, hanya 15 menit dari pusat perkotaan ke arah jalan Bojong Huni menuju Jalan Sadananya.

Sebetulnya, tempat ini sudah ada sekitar tiga tahun terakhir namun masih sederhana. Kini, setelah bertransformasi tempat ini menjadi hits. Bahkan, setiap hari sekitar lebih dari 5 sampai 6 rombongan mencoba wahana ini. Apalagi, saat akhir pekan.

Sedekan River Tubing ini memanfaatkan aliran Sungai Cileueur yang sumber mata airnya langsung dari Gunung Sawal. Kondisi airnya cukup jernih dan deras apabila setelah turun hujan.

Panjang jarak tempuh sekitar 2,5 kilometer atau memerlukan waktu sekitar 2 jam untuk sampai finis. Kondisi trek yang dilalui cukup menantang dan berkelok, sedikitnya ada tujuh jeram yang akan membawa keseruan wisatawan seperti terbawa hanyut aliran sungai.

Namun tak perlu khawatir akan tenggelam, karena sungai ini tidak begitu dalam dan banyak bebatuan. Selain itu ada 4 pemandu yang siap mendampingi wisatawan.

Pengelola Sedekan River Tubing Elan Rahlan menjelaskan awalnya river Tubing ini hanya dimanfaatkan oleh para pemuda yang tergabung dalam komunitas dengan alat seadanya. Tapi setelah ada masukan dari berbagai pihak, kini dikelola dan menjadi sebuah destinasi wisata.

"Ini kan ada potensi Sungai Cileueur, ada masukan dari saudara dari Sukabumi untuk memanfaatkannya sebagai wisata River Tubing. Sekarang sudah dilengkapi pakai alat lelindung diri seperti pelampung dan helm," ujar Elan.

Elan mengatakan wisata ini sebagai salah satu wadah para pemuda dari Karang Taruna Unit 8 Mekarjadi. Salah satu tujuan dibangunnya wisata ini untuk memberdayakan para pemuda.

"Alhamdulillah sekarang sudah mulai dikenal, dari beberapa daerah dan berbagai rombongan instansi pernah kesini. Sekarang tarifnya masih promo Rp 10 ribu, asalkan sayang rombongan minimal 10 orang, maksimal 12 orang," kata dia pada Sabtu (24/10/2020).

Elan menyatakan wisatawan tidak perlu khawatir untuk bermain river Tubing, karena para guide yang ada sudah mendapat pelatihan terlebih dahulu sebelumnya.

"Memang kalau dulu itu sempat ada kemarau panjang sehingga aliran sungai kecil jadi sempat terhenti. Sekarang musim hujan kembali lagi mulai ramai, setiap hari bisa sampai 6 keberangkatan," jelasnya.

Elan bilang keunggulan dari river Tubing di Sedekan Cileueur ini karena trek sungainya cukup menantang dan ekstrim, ada 7 jeram yang dilalui, namun aman.

Tak heran wisata river tubing ini sekarang cukup hits. Karena di Kabupaten Ciamis wahana seperti ini dengan fasilitas keamanan cukup lengkap jarang ditemui.

Yuk, siapkan waktumu untuk mengunjungi destinasi wisata Ciamis.



Simak Video "Seru! Pacu Adrenalin di Sedekan River Tubing yang Lagi Hits"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA