Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Okt 2020 12:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sembawa Rasa Selandia Baru

Ivone Suryani
detikTravel
Sembawa rasa Selandia Baru
Foto: (Ivonesuryani/d'travelers)
Sembawa -

Ingin berwisata ke Selandia Baru? Tak usah jauh-jauh, Indonesia juga punya kawasan yang tak kalah indah dengan pemandangan di sana.

Jangan terkecoh, kami bukan sedang berada di peternakan sapi di Selandia Baru. Ini merupakan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU HPT) yang berada di Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan.

Sembawa rasa Selandia BaruSembawa rasa Selandia Baru Foto: (Ivonesuryani/d'travelers)

Masyarakat Sumatra Selatan lebih mengenalnya dengan sebutan Sembawa. Kawasannya cukup luas, yaitu mencapai 268,04 hektar. Tempat ini menghasilkan bibit sapi potong unggul jenis Brahman, Ayam Arab, Ayam Sentul Terseleksi, Telur Ayam Buras, dan pupuk organik. BPTU HPT Sembawa langsung berada di bawah Kementerian Peternakan.

Sembawa bukanlah destinasi wisata, namun pihak pengelola memberi kesempatan kepada masyarakat jika ingin ke sini. Mereka bisa datang sesuai jadwal yang ditentukan.

Sembawa rasa Selandia BaruSembawa rasa Selandia Baru Foto: (Ivonesuryani/d'travelers)

Sabtu dan Minggu pagi diperuntukkan bagi para penggemar gowes, sedangkan hari kerja ditentukan untuk wisatawan dan foto prewedding. Calon pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu melalui telpon atau surat elektronik disertai penjelasan tujuan ke sini.

Terdapat beberapa spot foto yang menjadi incaran para wisatawan, misalnya jalan beraspal yang diapit padang ilalang dan sapi-sapi yang berada di kandang tanpa sekat.

Selain itu, jika bosan bersepeda di perkotaan, lintasan di Sembawa juga bisa dicoba. Mengayuh pedal sambil menikmati pemandangan rumput hijau yang membentang landai dan sapi-sapi gemuk terawat, membuat kita seperti sedang berada di Selandia Baru.

---

Artikel ini ditulis oleh pembaca DetikTravel, Ivone Suryani dan sudah tayang di d'travelers Stories.



Simak Video "Di depan Parlemen, PM Selandia Baru Umumkan Darurat Iklim"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA