Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Okt 2020 17:59 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Indahnya Jalan di Atas Awan Kecamatan Bawang Dieng Saat Cuti Bersama

Robby Bernardi
detikTravel

Halaman 1 dari 3

Potret Jalan Atas Awan Sigemplong Batang saat cuti bersama Oktober 2020.
Jalan di atas awan Batang (Robby Bernardi/detikTravel)

Kabupaten Batang -

Jalur ke Dieng yang satu ini, memang sudah tidak asing lagi. Pemandangannya yang eksotis, membuat siapapun betah berlama-lama di jalur sepanjang 8,9 Km dengan lebar 5 M, menuju pintu masuk Banjarnegara ke Dieng.

Ya, jalan di atas sabuk pegunungan Dieng ini, dalam kurun waktu hampir satu semester ini dijadikan jalur utama bagi pengunjung Dieng dari arah Pantura. Suguhan pemandangan yang menawan lah yang menjadi tujuan utama para pengunjung Dieng, melintasi jalur ini.

Bahkan karena jalannya di atas punggung sabuk pegunungan Dieng, jika waktunya tepat maka akan melihat hamparan bak permadani awan di kanan kirinya. Tidak heran bila orang menyebutnya dengan jalur jalan tol di atas awan.

Untuk melintas di jalur ini, baik yang menggunakan tol maupun Pantura, bisa langsung menuju ke Batang dan ke Kecamatan Bawang. Dari Pantura Batang Banyuputih sendiri memakan waktu sekitar 40 menit ke arah selatan untuk menuju ke Wilayah Kecamatan Bawang.

Potret Jalan Atas Awan Sigemplong Batang saat cuti bersama Oktober 2020.Potret Jalan Atas Awan Sigemplong Batang saat cuti bersama Oktober 2020 (Robby Bernardi/detikTravel)

Sampai di Alun-Alun Bawang, pengemudi bisa langsung masuk dari Desa Candigugur. Dari sini sampai perbatasan Banjarnegara hanya berjarak sekitar 9 KM, melalui Desa Deles, Desa Preten, Dusun Bintoro Mulyo, Dusun Sigemplong, Dusun Rejosari dan kangsung Banjarnegara.

Sepanjang jalur 9 KM tersebut, traveler akan disuguhkan pemandangan yang indah dan mempesona. Kiri kanan juga terdapat warung kecil warga yang siap menyapa para pengunjung dengan ramah. Biasanya, jalur ini akan ramai pada akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya saja, perlu diperhatikan selain kondisi fisik pengemudi yang prima, di jalur ini juga dibutuhkan kondisi kendaraan yang prima.

(rdy/rdy)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA