Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Okt 2020 06:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Wisata Murah Meriah di Surabaya, Pas untuk Libur Cuti Bersama

Putu Intan
detikTravel
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan meresmikan plaza atas kompleks Balai Pemuda Surabaya. Kawasan yang difungsikan sebagai wadah kegiatan para penggiat seni dan budaya tersebut, kini semakin cantik dan sejuk karena dilengkapi dengan dua air mancur kabut.
Plaza Alun-alun Surabaya. (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Jakarta -

Wisata Surabaya tidak cuma mall lho. Di sana terdapat berbagai tempat wisata menarik yang murah meriah. Ini daftarnya.

Arek-arek Suroboyo dan sekitarnya, untuk mengisi libur cuti bersama Oktober 2020, bisa nih mengunjungi objek wisata hits Surabaya yang pastinya ramah di kantong. detikTravel sudah merangkum 5 objek wisata yang dapat kamu datangi berikut ini.

1. House of Sampoerna

House of SampoernasHouse of Sampoerna. Foto: (Tri Wahyuni/d'Traveler)

Wisata edukasi sambil berburu foto cantik bisa dilakukan di House of Sampoerna. Museum rokok ini menyuguhkan informasi mengenai sejarah perkembangan rokok dari produk Sampoerna.

Tak cuma mendapatkan informasi, traveler juga dapat melihat bangunan museum yang unik. Bangunan ini merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda yang sempat menjadi panti asuhan sebelum dibeli Liem Seeng Tee untuk memproduksi rokok.

Selain itu, traveler juga dapat naik wahana bus wisata yakni Surabaya Heritage Track untuk melihat jejak masa lalu Surabaya. Bus ini akan berhenti di Balai Kota yang juga dapat kamu sambangi.

Museum ini terletak di Jalan Taman Sampoerna no.6 Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya. Museum beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00-18.00 WIB.

Untuk tiket masuk tak perlu khawatir, traveler tak dipungut biaya alias gratis.

2. Hutan Bambu Keputih

Hutan bambu di SurabayaHutan bambu di Surabaya. Foto: (brigits_emilianav/d'Traveler)

Wiata alam unik juga ada di Surabaya. Salah satunya Hutan Bambu Keputih yang ditumbuhi aneka jenis bambu.

Tahukah traveler, tempat ini dulunya merupakan tempat pembuangan sampah lho. Setelah ditutup dan ditata, jadilah tempat wisata yang digemari muda-mudi untuk berfoto.

Tak jauh dari lokasi hutan bambu, ada pula kebun bunga sakura. Wah, sudah terbayang kan betapa instagrammablenya tempat ini.

Hutan Bambu Keputih terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya. Traveler dapat datang kapanpun dan bebas biaya alias gratis.

3. Air Mancur Menari

Air mancur menari di KenjeranAir mancur menari di Kenjeran. Foto: Istimewa

Wisata Surabaya lainnya terletak di Kenjeran yaitu pertunjukan air mancur menari. Tepatnya di Jembatan Kenjeran, traveler akan melihat air mancur bergoyang mengikuti iringan musik khas Jawa Timur.

Namun perlu dicatat ya traveler, pertunjukan ini hanya dapat kamu nikmati setiap Sabtu mulai pukul 20.00-21.00 WIB. Tapi jika kamu hanya ingin sekadar datang dan bersantai, tempat ini buka mulai pukul 06.00-20.00 WIB di hari biasa sedangkan akhir pekan sampai pukul 21.00 WIB.

Untuk menikmati air terjun menari, traveler tak dikenakan biaya. Hanya saja traveler perlu merogoh kocek untuk parkir dan tiket masuk kawasan Kenjeran yakni Rp 10 ribu.

4. Taman Bungkul

tamanTaman Bungkul Surabaya. Foto: (Widi Arini/d'Traveler)

Taman Bungkul sangat terkenal bagi masyarakat Surabaya. Taman seluas 10 ribu meter persegi ini merupakan salah satu taman terbesar di Kota Pahlawan.

Traveler yang mau jogging atau gowes, cocok nih datang ke sana. Selain suasananya yang rindang, fasilitas Taman Bungkul juga terbilang lengkap. Mulai dari air mancur, tempat bermain anak, hingga arena skateboard ada di sana.

Taman Bungkul buka setiap hari dan gratis untuk umum. Taman ini berlokasi di Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya.

5. Plaza Alun-alun Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan meresmikan plaza atas kompleks Balai Pemuda Surabaya. Kawasan yang difungsikan sebagai wadah kegiatan para penggiat seni dan budaya tersebut, kini semakin cantik dan sejuk karena dilengkapi dengan dua air mancur kabut.Plaza Alun-alun Surabaya. Foto: Deny Prastyo Utomo

Kalau destinasi yang satu ini masih baru nih traveler. Plaza Alun-alun Surabaya diresmikan pada pertengahan Agustus 2020 lalu.

Tempat ini diburu warga Surabaya karena instagrammable. Selain penataannya yang indah, di sana juga terdapat air mancur warna-warni yang semakin mempercantiknya.

Menurut Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Plaza Alun-alun Surabaya akan difungsikan untuk kesenian. Berbagai pertunjukan rakyat akan digelar di sana secara gratis, seperti wayang orang, ludruk, sampai reog.

Jika penasaran, langsung saja datang ke alun-alun yang terletak di Kompleks Balai Pemuda. Tak perlu khawatir, tempat ini dapat dinikmati secara gratis.

Nah itulah 5 objek wisata Surabaya yang murah meriah. Jika traveler ingin berkunjung ke sana, pastikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, ya! Pakailah masker, selalu jaga jarak, dan mencuci tangan sesering mungkin.

(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA