Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Nov 2020 09:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pesona Pasir Timbul Bone Labunta, Aduhai Indahnya!

Umar Ahmad
detikTravel
Pasir timbul di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.
Foto: (umaraliahmad1/d'Traveler)

Arti Bone Labunta

Bone Labunta sendiri adalah fenomena pasir timbul yang muncul di tengah lautan, untuk bisa mencapainya perjalanan dari Dermaga Mawasangka ditempuh kurang lebih 30-40 menit. Dan setibanya di Bone Labunta, decak kagum kami tidak dapat disembunyikan, sungguh indah ciptaan Tuhan YME yang dititipkan di bumi sulawesi tenggara. Hamparan pasir timbul ini kurang lebih sepanjang 100 meter, kita dapat menjelajahinya dari ujung ke ujung untuk bisa merasakan kibasan angin sepoi sepoi sambil bersantai diatas pasir putih yang sangat bersih dan indah sekali.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke lokasi ini menurut Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Tengah adalah menggunakan perhitungan kalender hijriah, dimana setiap tanggal 15 (pertengahan bulan) hijriah adalah saat terbaik ketika air berada kondisi tidak terlalu tinggi, sehingga pasir timbul yang ada bisa dapat dinikmati secara maksimal. Adapun jam terbaiknya saat Anda tiba di sana bisa dimulai saat pagi hari sampai siang pada tanggal-tanggal tersebut.

Tak lupa, hempasan angin sepoi sepoi Bone Labunta menemani kami saat melakukan Zoom Meeting untuk membahas rapat akademik di fakultas kami, karena meskipun di tengah lautan, sinyal operator telekomunikasi masih bisa kita nikmati dengan kualitas 4G.Waktu yang tepat untuk berkunjung ke lokasi ini menurut Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Tengah adalah menggunakan perhitungan kalender hijriah, dimana setiap tanggal 15 (pertengahan bulan) hijriah adalah saat terbaik ketika air berada kondisi tidak terlalu tinggi, sehingga pasir timbul yang ada bisa dapat dinikmati secara maksimal. Adapun jam terbaiknya saat Anda tiba di sana bisa dimulai saat pagi hari sampai siang pada tanggal-tanggal tersebut.

Jangan lupa bahagia, mari kita kunjungi Bone Labunta di Kabupaten Buton Tengah.

---
Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Umar Ahmad dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Buka Tutup Akses Pantai Pangandaran Demi Cegah Membludaknya Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA