Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Nov 2020 10:26 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menyatu dengan Alam, 3 Agrowisata Ini Cocok untuk Edukasi Anak

Menyatu dengan Alam, 3 Tempat Ini Cocok untuk Wisata Edukasi Anak
Foto: shutterstock/ Wisata memetik buah
Jakarta -

Dikenal sebagai negara agraris, Indonesia sangat kaya akan sumber daya alamnya. Tak hanya menjadi tumpuan perekonomian bangsa, sektor pertanian, perkebunan, dan perhutanan di Indonesia juga bisa dijadikan pembelajaran bagi masyarakat.

Hal itu bisa diwujudkan dengan menggeliatkan lagi agrowisata di Indonesia. Agrowisata merupakan kegiatan rekreasi yang menyasar sektor pertanian, perkebunan, perhutanan sebagai objek dengan tujuan wisata dan edukasi.

Ada banyak destinasi agrowisata yang bisa traveler temui hanya #DiIndonesiaAja. Destinasi ini juga bisa dijadikan referensi liburan mendidik bagi anak sehingga cocok jadi alternatif liburan keluarga.

Apa saja agrowisata yang bisa ditemui di Indonesia?

Taman Buah

Menyatu dengan Alam, 3 Tempat Ini Cocok untuk Wisata Edukasi AnakWisata petik buah (Foto: Shutterstock) Foto: istimewa

Taman buah bisa menjadi objek wisata yang sangat menarik. Di taman buah atau kebun buah biasanya akan ditawarkan berbagai kegiatan wisata mulai dari kegiatan pembibitan, pemeliharaan, panen, pengelolaan, hingga pemasaran. Kegiatan-kegiatan ini bisa menjadi sarana wisata edukasi anak-anak tentang proses penanaman buah hingga akhirnya bisa dikonsumsi oleh mereka.

Ada banyak taman atau kebun buah yang bisa ditemui di Indonesia. Seperti di Malang yang terkenal dengan produk apel hijaunya, lalu di kota-kota yang berada di dataran tinggi juga biasanya punya wisata petik buah stroberi, atau di Bogor juga ada taman buah yang menjadi salah satu tempat rekreasi favorit warga ibu kota.

Taman Nasional

Menyatu dengan Alam, 3 Tempat Ini Cocok untuk Wisata Edukasi Anak Sabana Taman Nasional Baluran di musim kemarau sangat eksotis (Foto: Shutterstock) Foto: istimewa

Taman nasional bisa menjadi pilihan wisata bagi traveler yang ingin lebih dekat dengan alam. Taman nasional biasanya merupakan kawasan konservasi flora dan fauna endemik yang dilindungi. Sehingga berwisata di taman nasional juga akan mengajarkan kita betapa pentingnya wisata berkelanjutan atau sustainable tourism.

Berikut taman nasional yang hanya ada #DiIndonesiaAja dan cocok untuk tempat edukasi anak-anak. Ada Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional Gunung Leuser, dan sebagainya.

Kebun Raya

Menyatu dengan Alam, 3 Tempat Ini Cocok untuk Wisata Edukasi AnakGarden Plants di Kebun Raya Bogor (Foto: Shutterstock) Foto: istimewa

Kebun raya juga menjadi tempat wisata yang ramah untuk keluarga. Salah satu kebun raya yang sering dikunjungi warga ibu kota yaitu Kebun Raya Bogor. Bahkan tak hanya warga Jakarta, traveler dari seluruh penjuru Indonesia bahkan tak ingin melewatkan Kebun Raya Bogor saat berkunjung ke Kota Hujan ini.

Kebun Raya Bogor merupakan kebun botani yang memiliki ribuan jenis flora dan memiliki tempat-tempat edukasi seperti Museum Zoologi, Herbarium Bogoriense, hingga Istana Presiden. Ada juga tempat menarik lainnya seperti Taman Anggrek, Danau Gunting, Taman Meksiko, dan Taman Bambu.

Untuk saat ini, Kebun Raya Bogor sudah dibuka kembali tapi traveler harus memesan tiket secara online di www.kebunraya.id. Sebab, pengunjung Kebun Raya Bogor semasa pandemi akan dibatasi agar penerapan physical distancing dapat dilaksanakan dengan maksimal.

Selain itu, traveler juga wajib untuk menerapkan protokol kesehatan di tempat wisata seperti mengenakan masker, sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak aman antar pengunjung.

Itu dia 3 destinasi agrowisata yang cocok menjadi tempat edukasi anak-anak untuk lebih dekat dan memahami alam dan sekitarnya. Ternyata bumi pertiwi ini nggak cuma punya panorama alam yang indah tapi juga potensi wisata yang mengedukasi, ya. Jadi, liburan nggak perlu jauh-jauh, cukup #DiIndonesiaAja.

Eits, tapi jangan lupa, untuk terus menerapkan protokol kesehatan cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environmental sustainability (kelestarian lingkungan) atau biasa disebut CHSE agar rekreasi agrowisata di tempat tujuan menjadi lebih nyaman.

(ega/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA