Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Nov 2020 17:09 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Penataan Objek Wisata Situ Cisamping Pangandaran Belum Maksimal

Faizal Amiruddin
detikTravel
Pemerintah Kabupaten Pangandaran terus menggali potensi pariwisata alternatif selain wisata pantai. Salah satunya adalah ekplorasi wisata Situ Cisamping di Kecamatan Cijulang.
Situ Cisamping Pangandaran Foto: Faizal Amiruddin
Pangandaran -

Pemerintah Kabupaten Pangandaran terus menggali potensi pariwisata alternatif selain wisata pantai. Salah satunya adalah ekplorasi wisata Situ Cisamping di Kecamatan Cijulang.

Lokasi wisata yang terletak di Kecamatan Cijulang, tak jauh dari pantai Batukaras ini menyimpan potensi yang cukup bagus. Namun sejauh ini upaya penataan yang dilakukan pemerintah belum terlalu memberi dampak signifikan bagi peningkatan kunjungan wisatawan.

Pantauan detikcom, Sabtu (28/11/2020) suasana Situ Cisamping sepi dari wisatawan. Kawasan ini justru ramai oleh anak-anak warga sekitar yang asyik berenang. Danau yang satu ini memang cukup unik, karena di pinggirnya terdapat aliran sungai yang airnya cukup jernih. Sehingga menjadi pilihan bagi anak-anak pantai yang ingin berenang di air tawar.

Sejumlah sekoci yang sedianya digunakan untuk berkeliling danau, tampak terbengkalai. Bahkan beberapa diantaranya tenggelam di Situ Cisamping. Bangunan aula yang terletak di tengah danau juga tampak tak terawat. Kontruksi bangunan tersebut tampak miring.

"Fasilitas-fasilitas ini dibangun beberapa tahun lalu. Sebenarnya sudah lengkap, mungkin tinggal jalan aksesnya dalam keadaan rusak," kata Rifai
(30) warga setempat. Dia mengatakan pemerintah telah membangun gazebo di tengah danau, membangun toilet dan menata aliran sungai yang dijadikan area berenang. "Upaya penataan sudah ada, tapi mungkin belum membuahkan hasil yang diharapkan," kata Rifai.

Aliran sungai dengan air yang cukup jernih ini memang menjadi salah satu daya tarik berwisata ke Situ Cisamping, tentunya disamping keindahan panorama alam.

Anak-anak warga setempat tampak bersukacita, beberapa dari mereka terjun ke air dari dahan pohon. "Mungkin karena penataan kurang maksimal atau promosinya yang kurang. Mudah-mudahan ke depan Situ Cisamping ini bisa bangkit menjadi destinasi wisata tambahan di Batukaras dan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar," kata Rifai.



Simak Video "Usai Gempa M 5,6, Pengunjung di Pantai Pangandaran Masih Ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
DMentor
×
Bisnis Untuk Si Introvert
Bisnis Untuk Si Introvert Selengkapnya