Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Nov 2020 09:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Taman Hutan Kota Ciamis, Tempat Wisata Alternatif Minggu Pagi Saat Pandemi

Taman Hutan Kota Ciamis
Taman Hutan Kota Ciamis (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Ciamis -

Taman Hutan Kota Cigembor Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kini mendadak jadi tempat wisata alternatif favorit sejak pandemi COVID-19. Kini tempat yang dulunya sepi, kini banyak dikunjungi warga Ciamis dan sekitarnya.

Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung beberapa bulan ini membuat aktivitas warga menjadi terbatas termasuk untuk liburan. Hal ini membuat warga Ciamis mencari kesenangan lain untuk rekreasi atau refreshing.

Taman Hutan Kota Ciamis sebetulnya ruang terbuka hijau yang dikelola oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis. Berada di pinggir perkotaan Ciamis. Letaknya di Kelurahan Cigembor tepat di seberang Venue Sirkuit BMX Ciamis, hanya 10 menit dari pusat kota.

Taman Hutan Kota CiamisTaman Hutan Kota Ciamis (Dadang Hermansyah/detikTravel)

Dulu tempat ini belum terawat dengan baik bahkan pohon-pohon yang ada belum rindang, bahkan fasilitas umum seperti tempat duduk tidak ada, toilet pun tidak terawat dan tidak mengeluarkan air. Bahkan jarang ada warga yang datang berkunjung dan hampir terlupakan.

Tapi kini setelah Pemkab Ciamis melakukan penataan ditambah adanya pandemi, tempat tersebut kini ramai dikunjungi. Mereka yang datang biasanya rombongan keluarga untuk bersantai sambil menikmati bekal makanan bekal dari rumah.

Juga ada kaum milenial yang sengaja datang untuk nongkrong atau berfoto ria. Selain itu Taman Hutan Kota ini biasa dijadikan sebagai obyek foto model maupun prewedding. Ramai biasanya pada pagi atau sore.

Tempat ini menawarkan suasana sejuk alami dengan banyaknya pohon rindang. Dikelilingi hamparan area persawahan yang luas. Taman Hutan Kota cocok untuk refreshing dan melepas kepenatan di masa Pandemi ini.

Taman Hutan Kota CiamisPopuler juga sebagai spot foto (Dadang Hermansyah/detikTravel)

Seperti yang terlihat pada Kamis (26/11/2020), meski bukan akhir pekan banyak pengunjung yang datang. Baik dari rombongan keluarga maupun anak-anak muda.

Rombongan keluar dari Desa Imbanagara misalnya, mereka sengaja datang bahkan sudah beberapa kali hanya untuk sekedar makan-makan.

"Ke sini sudah ada 4 kali lebih, ya berwisata sama keluarga makan-makan. Suasananya enak, sejuk tidak bising. Daripada jauh-jauh wisata di masa Pandemi ini mending cari yang dekat," ungkap Tita Nur Oktavianti saat ditemui detikTravel di Taman Hutan Kota Ciamis.

Menanggapi hal itu, Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis Giyatno mengingatkan bagi masyarakat yang berkunjung untuk menjaga kebersihan dan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M.

"Jadi selain Alun-alun Ciamis dan Taman Lokasana yang biasa sebagai pusat keramaian masyarakat. Kini Taman Hutan Kota Cigembor pun bisa menjadi tempat wisata alternatif, terutama di saat Pandemi Covid-19 ini," katanya.

Menurutnya, dalam pandemi ini, pihaknya telah menyediakan fasilitas protokol kesehatan di beberapa tempat umum seperti cuci tangan.

"Masyarakat bisa melakukan protokol kesehatan saat mengunjungi taman hutan kota maupun ruang terbuka hijau lainnya. Jangan lupa memakai masker juga dan tidak berkerumum," jelasnya.



Simak Video "PPKM Dimulai, Pasar-Terminal di Ciamis Digeruduk Petugas"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA