Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Des 2020 10:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Rupat, Pulau Terluar yang Dijuluki Malaysia dari Riau

Bengkalis -

Rupat, salah satu pulau terluar Indonesia yang berada di Provinsi Riau. Menjadi satu dari sekian tapal batas, Rupat juga dijuluki Malaysia dari Riau.

Dalam ekspedisi Tapal Batas detikcom yang didukung oleh Bank BRI, kali ini detikTravel menjelajah ke Pulau Rupat di Provinsi Riau yang masuk jajaran pulau terluar Indonesia.

Bagi traveler yang belum tahu, Pulau Rupat bertetangga dengan kota pelabuhan Dumai yang identik dengan sejumlah perusahaan minyak dan gerbang masuk dari Selat Malaka, Malaysia.

Terpisah oleh perairan Dumai, Pulau Rupat berjarak sekitar satu setengah jam perjalanan darat dari Kota Pekanbaru dan setengah jam perjalanan laut dari Dumai. Namanya sendiri kian santer sebagai salah satu destinasi yang tengah naik daun setelah dibukanya Tol Pekanbaru Dumai atau biasa disingkat Tol Permai.

Pulau Rupat UtaraPantai Lapin di Rupat Utara (dok Pemprov Riau)

Bicara gerbang masuk dari Selat Malaka, Pulau Rupat pribadi berjarak lebih dekat dari Malaysia ketimbang Dumai. Dari Kecamatan Rupat Utara misalnya, jarak menuju Port Dickson di Malaysia hanya 38 Km. Saat hari cerah, traveler bahkan dapat melihat Port Dickson dari Teluk Medang di Rupat Utara.

Akibat jarak yang dekat itu lah, budaya dan identitas Malaysia cukup bercampur di Pulau Rupat. Saking lekatnya, Pulau Rupat juga dijuluki Malaysia dari Riau.

Fakta itu dijelaskan oleh Pelaksana Jabatan (PJ) Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi saat diwawancarai detikTravel di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

"Sejarahnya sudah 500 tahun lebih mengikuti sejarah Kerajaan Melayu Tua, mengikuti sejarahnya meliputi Pulau Sumatera dan Malaysia yang ada di seberang kita. Bagaimana di sana (Rupat-red) ada tradisi yang khas, notabene juga ada di Malaysia sana karena budayanya sama," ujar Abdi.

Selanjutnya: Persamaan Budaya Rupat dengan Malaysia

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA