Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Des 2020 08:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Rencanakan Libur Akhir Tahun? Ini 10 Wisata Kekinian Malang dan Sekitarnya

Malang Night Paradise
Foto ilustrasi wisata Malang (Muhammad Aminudin/detikTravel)
Malang -

Wisata Malang dan sekitarnya amat beragam. Dari wisata alam, taman hiburan, hingga museum. Apa saja?

Libur akhir tahun memang dipangkas untuk meminimalkan mudik dan melancong ke luar kota. Bagi traveler asal Malang, bisa memanfaatkan libur akhir tahun untuk tetap bisa plesiran di kawasan sendiri.

Berikut 10 destinasi Malang dan sekitarnya yang kekinian:

1. Jatim Park 1,2,3

Berlokasi di kota Batu, Jatim Park 1 adalah salah satu destinasi yang diminati oleh wisatawan di berbagai kalangan usia. Wisata ini pun terus dikembangkan sehingga memiliki berbagai wahana yang mirip dengan Dunia Fantasi di Ancol.

Sedangkan Jatim Park 2 konsepnya yaitu flora dan fauna. Museum satwa di dalamnya merupakan salah satu yang terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Berbeda lagi dengan Jatim park 3 yang memiliki kawasan dinosaurus ala Jurrasic Park. Ada juga wahana yang mirip dengan film Ice Age. Asyik bukan?

[Gambas:Instagram]



Jatim Park 1 berlokasi di Jalan Kartika, Kota Batu, Jatim Park 2 di Jalan Oro-oro Ombo, Kota Batu sedangkan Jatim Park 3 ada di Jalan Ir Sukarno, Beji, Kota Batu.

Dino Park di Jatim Park 3Dino Park di Jatim Park 3 Foto: Rahmatia Fitri/d'Traveler

2. Kampung Warna-warni Jodipan

Kawasan instagramablenya Malang ada di kampung warna-warni Jodipan. Awalnya, kawasan ini merupakan tempat yang kumuh dan kotor, namun akhirnya disulap menjadi sangat cantik.

Tak hanya perumahan yang terlihat unik, ada pula spot instagramable seperti lorong payung jembatan kaca hingga dinding warna warni. Lokasinya ada di Jodipan, Kota Malang, Jawa Timur.

Kampung warna-warni MalangKampung warna-warni Malang Foto: (brigits_emilianav/d'Traveler)

3. Kampung 3D

Spot instagramable di Malang juga ada di Kampung 3D. Dengan desain yang unik dan memiliki aneka warna beberapa gambar di antaranya adalah gelas terbalik, aliran sungai, sayap, hingga kedua telapak tangan yang menempel di bagian pangkal.

Kampung 3D berdekatan dengan kampung warna-warni Jodipan. Dua kampung itu dihubungkan dengan jembatan kaca yang bisa dinikmati pengunjung.

Lokasi Kampung Tridi sendiri berada di Jalan Temenggungan Ledok, Kesatrian, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur

Kampung TridiKampung Tridi Foto: (Resa Noor Fauziah/d'travelers)

Lanjutan Wisata Malang

4. Malang Night Paradise

Malang Night paradise merupakan destinasi dengan tema glowing atau gemerlap yang unik di Malang. Wisata ini memadukan aspek edukasi, seni dan teknologi dalam satu tempat

Ada berbagai fasilitas menarik seperti magic journey dimana traveler menaiki perahu dan menyusuri sungai buatan kurang lebih sejauh 500 meter. Selain itu, ada wahana mini pendulum bagi traveler yang suka menantang adrenalin.

Menariknya lagi, ada taman lampion dengan gemerlap lampu LED dan taman dinosaurus yang menampilkan replika dinosaurus yang berjaya pada zamannya.

Malang Night Paradise berlokasi di Jalan Graha Kencana Raya, Balearjosaro, Blimbing, Malang, Jawa Timur.

Malang Night ParadiseMalang Night Paradise Foto: (Muhammad Aminudin/detikTravel)

5. Kebun Teh Wonosari

Ingin merasakan hamparan keindahan kebun teh di Malang? Traveler bisa datang ke Kebun Teh Wonosari. Ada jembatan kayu cantik yang bisa dijadikan spot foto.

Kebun teh ini berlokasi di kawasan Lawang. Jika traveler berangkat dari Terminal Arjosari maka waktu yang dibutuhkan sekitar satu jam. Sedangkan jika naik angkutan kota Lawang-Arjosari bisa turun di Stasiun Lawang. Dari sana, traveler bisa naik ojek menuju lokasi kebun teh.

6. Kampung Biru Arema

Dibangunnya Kampung Biru Arema memiliki alasan yang sama dengan kampung warna-warni jodipan, yaitu mengubah infrastruktur yang sebelumnya kumuh menjadi modern.

Bernuansa serba biru akan membuat traveler serasa berada di Santorini atau blue city, Yunani atau Chefchaouen di Maroko. Bernama Arema, kampung ini juga terinspirasi oleh klub sepakbola kebanggaan Malang, Arema FC.

Kapung biru berlokasi di Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Kampung biru AremaKampung biru Arema Foto: (Kampung Biru Arema/instagram)


7. Florawisata San Terra

Taman bunga yang cantik sebagai salah satu destinasi wisata Malang ada di Florawisata San Terra. Kurang lebih, ada 700 jenis bunga yang bisa traveler lihat di destinasi seluas 4 hektar ini.

Terbilang baru, Florawisata San Terra baru dibuka pada akhir 2019. Selain melihat-lihat bunga, ada juga spot foto berupa replika bangunan ala Belanda dan Korea.

Lokasinya berada di Jalan Truno Joyo, Jurangejo, Pandensari, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Flora San Terra buka pada pukul 08.00-17.00 WIB.

Untuk weekend, harga tiket untuk dewasa adalah Rp 25.000 dan anak-anak dipatok Rp 20.000. Adapun saat weekdays, tiket masuk untuk dewasa dibanderol Rp 20.000 dan anak-anak Rp 15.000.

Florawisata San TerraFlorawisata San Terra Foto: (Florawisata San Terra/instagram)

Lanjutan Wisata Malang...

8. Boonpring Andeman

Terinspirasi dari Sagano Bamboo Forest di Kyoto, Boonpring Andeman bisa jadi spot instagramable yang kece untuk traveler.

Destinasi ini berlokasi di Jalan Andeman, Dusun Kp, Anyar, Sanankerto, Kecamatan Turen, Jawa Timur.

Untuk tiket masuk, traveler hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Tapi jika ingin berkeliling kebun bambu, ada ongkos tambahan Rp 5.000 per orang.

Selain itu ada berbagai wahana tambahan seperti flying fox, waterball, panahan, swan giant float hingga ATV.

Boon Pring AndemanBoon Pring Andeman Foto: (Boonpring Andeman/instagram)

9. Museum Angkut

Berbagai moda transportasi dari zaman kuno hingga kini bisa traveler temui di Museum Angkut. Mulai dari gerobak, andong, sepeda, aneka mobil klasik mobil balap F1, hingga helikopter kepresidenan RI pertama jadi koleksi museum ini.

Di antara atraksi menariknya yaitu fligh simulator, F1 Simulator, miniatur Menara Eiffel, miniatur stasiun kota lama dan pasar apung nusantara untuk menjajal jajanan tradisional.

Museum angkut buka mulai pukul 11.00-19.00 WIB. Harga tiketnya Rp. 80.000 untuk setiap hari.

Mobil Navigasi Pesawat di Museum Angkut, Air Marshall CarMobil Navigasi Pesawat di Museum Angkut, Air Marshall Car Foto: (Muhammad Aminudin/detikTravel)

10. Eco Green Park

Wisata hits tak melulu soal spot instagramable, tapi juga destinasi yang bisa mengedukasi wisatawan. Salah satunya, di Eco Green Park. Destinasi wisata ini juga merupakan dari bagian Jatim Park 2.

Lokasinya berada di Jalan Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Di sini, traveler bisa melihat berbagai macam serangga, proses biogas hingga mendaur ulang barang bekas dan rongsokan menjadi aneka macam karya seni, misalnya patung kalajengking besar yang terbuat dari rantai bekas.

Wahana lain yang bisa traveler datangi di antaranya, World of Parrot, Rumah Terbalik, Water Outbond, Birdshow hingga Eco Science Center. Buka mulai 08.30-16.30, harga tiketnya yaitu Rp 50.000.

Eco Green ParkEco Green Park Foto: Dok. Jatim Park Group

(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA