Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Des 2020 11:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Tips Mendaki Gunung Salak yang Aman dan Nyaman

Mendaki Gunung Salak
Mendaki Gunung Salak. (Foto: Gema Bayu Samudra/d'traveler)

6. Membawa Peralatan dan Cadangannya

Mendaki bukanlah perkara yang mudah, segalanya harus dipersiapkan secara matang. Seperti tenda, peralatan pertolongan pertama, matras, sleeping bag, jas hujan (ponco), sepatu gunung, senter, emergency blanket, kompor dan kompas. Untuk peralatan yang penting seperti baju cadangan, kompor lebih baik membawa cadangan apabila rusak, sepatu gunung jebol bisa membawa cadangan sendal gunung dan membawa cadangan batre untuk senter.

7. Tempat Mendirikan Kemah

Tempat yang bisa dijadikan area berkemah di Gunung Salak adalah di Pos Bajuri (HM 1), area camp (HM 24), Pos Bayangan (HM 38) dan Puncak Salak (HM 50). HM berarti patokan setiap 100 meter, jadi dari Pos Bajuri sampai puncak berjarak 5 kilometer.

8. Estimasi Waktu Pendakian

Estimasi waktu pendakian sekitar 9-11 jam sampai puncak. Rincian waktu pendakian via Cidahu, dari Gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) ke gerbang pendakian sekitar 40 menit, bisa lebih cepat kalau menggunakan ojek. Dari gerbang pendakian menuju Pos Bajuri (HM 1) 1-2 jam, dari Pos Bajuri menuju area camp (HM 24) 3-4 jam, dari HM 24 menuju Pos Bayangan (HM 38) 2,5 jam, dari Pos Bayangan ke Puncak Salak (HM 50) 2 jam.

9. Tidak Memisahkan Diri dari Kelompok

Apapun alasannya jangan membagi kelompok, karena kondisi di hutan tidak ada yang tahu dan pasti banyak menimbulkan kerugian.

10. Menjaga Lisan dan Tindakan

Menjaga lisan dan tindakan sudah jadi aturan wajib yang harus ditaati di setiap gunung, apalagi di gunung yang terkenal angker ini.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Ramai Soal Gunung Salak Disebut 'Terbelah', BNPB Beri Penjelasan"
[Gambas:Video 20detik]

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA