Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Jan 2021 09:04 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pakaian Adat Jawa Barat serta Gambarnya untuk Laki-laki dan Perempuan

Rosmha Widiyani
detikTravel
Gedung Sate satu abad
Foto: Yudha Maulana/Pakaian Adat Jawa Barat serta Gambarnya untuk Laki-laki dan Perempuan
Jakarta -

Pakaian adat Jawa Barat adalah busana yang dipakai sesuai kebudayaan masyarakat setempat. Dikutip dari situs Kabupaten Kuningan, pakaian adat Jawa Barat untuk laki-laki disebut pangsi.

Pakaian adat jawa barat laki-lakiPakaian adat Jawa Barat untuk laki-laki. Foto: Pemkab Kuningan

Baju pangsi terdiri atas atasan yang disebut salontreng dan celana komprang. Pangsi memiliki desain longgar rapi dengan warna atasan bawahan yang sama. Warna pangsi terdiri dari atas hitam, putih, dan merah.

Pakaian adat Jawa Barat untuk perempuan adalah kebaya yang tidak transparan. Untuk bawahan berupa rok kebaya motif batik yang modelnya tidak membatasi aktivitas. Pakaian adat dilengkapi kerudung dan sandal selop.

Pakaian adat jawa barat perempuanPakaian adat Jawa Barat untuk perempuan. Foto: Pemkab Kuningan

Pemerintah Kabupaten Kuningan mewajibkan para pegawai mengenakan pakaian adat Jawa Barat tiap hari Kamis minggu keempat. Aturan tercantum dalam Surat Edaran Nomor 800/356/ORG&PA.

"Dalam rangka mewujudkan pelestarian dan pengembangan pakaian adat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan, Pemerintah Daerah akan segera mengimplementasikan Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pelestarian Kebudayaan Daerah," tulis Pemkab Kuningan dalam surat edaran.

Dikutip dari situs Kabupaten Bogor, pakaian adat Jawa Barat memiliki filsafat dan tuntunan hidup. Pangsi adalah kependekan dari pangeusi numpang ka sisi yang mencerminkan cara menggunakan pakaian.

Celana pangsi dulu dipakai dengan cara dibelit mirip sarung karena belum ada tali, karet, atau pengait seperti sekarang. Pangsi adalah pakaian adat Jawa Barat yang kerap dikenakan rakyat jelata saat ada acara resmi, misal menghadiri pernikahan.

Ciri khas pakaian adat Jawa Barat pangsi adalah:

1. Atasan salontreng punya lima atau enam kancing melambangkan Rukun Islam dan Rukun Iman

2. Jahitan yang menyambungkan bagian tubuh dan lengan pada salontreng disebut beungkeut, yang mengingatkan pentingnya saling bantu bukan saling sikut

3. Area perut pada celana pangsi yang disebut samping menyatakan pentingnya selalu rendah hati dan tidak sombong pada semua orang

4. Bagian pipa celana yang lurus melambangkan prinsip hidup yang harus punya pendirian kuat sesuai aturan

5. Pada bagian samping pipa celana ada jahitan yang disebut suja melambangkan semangat tinggi, tidak mudah goyah dan punya keyakinan teguh.



Simak Video "Merawat Si Kecil Anak Buaya Blanakan Subang"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA