Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Jan 2021 11:51 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

2 Objek Wisata Alam Tersembunyi di Balik Hutan Kutai Kartanegara

Suriyatman
detikTravel
Gua Tersembunyi di Kutai Kartanegara
Foto: Gua Kelelawar (Suriyatman/detikcom)

Gua Air, Ada Sungai Bawah Tanah di Dalamnya


Setelah puas melihat dan mengunjungi gua pertama, pengunjung bisa menuju ke kaki bukit untuk melihat gua kedua yang berada sekitar 200 meter. Begitu mendekati mulut gua yang sangat luas, aliran air terdengar sangat kencang dari radius 100 meter.

Bau menyengat juga tercium dari dalam gua. Bau itu adalah aroma khas kotoran kekelawar yang jumlahnya mencapai ribuan ekor yang bersarang di dalam gua.

Kondisi gua semakin menarik saat mata pengunjung dimanjakan dengan hamparan batu stalagmit atau batu-batu yang menempel pada langit-langit gua.

Di gua ini, lanjut Harpiah, para pengunjung bisa lebih semangat untuk menjelajahi gua. Suara aliran sungai terdengar sangat kencang. Bahkan hamparan batu-batu yang tersusun rapi di dalam gua menambah rasa ingin tahu para pengunjung untuk menaikinya.

"Meski banyak lumut yang menutupi batu, namun rasa ingin tahu dan keinginan menjelajahi gua ini menutupi rasa takut yang kita rasakan," kata Harpiah.

Gua Tersembunyi di Kutai KartanegaraGua Tersembunyi di Kutai Kartanegara Foto: Suriyatman/detikcom

Apalagi pengunjung lain juga sangat antusias untuk masuk ke dalam gua yang lebih lebar lebih tinggi dan lebih luas dari gua kelelawar. Ciri gua ini memiliki aliran sungai berbatu di tepinya, sungai tersebut diyakini bermuara di sungai Mahakam.

Sementara itu, M Riyanto warga Kutai Kartanegara mengatakan bahwa gua ini membuktikan bahwa Kutai Kartanegara masih menyimpan berbagai misteri berupa belasan gua batu yang sebagian besar belum pernah ditelusuri keberadaannya.

Gua-gua ini harapannya bisa dikelola dengan baik sehingga mampu menjadi tujuan wisata alam dan menjadi penggerek perekonomian warga dan sumber pemasukan desa.

"Gua ini dialiri oleh anak sungai dan ada sumber air. Sumber air ini bermuara ke Mahakam. Jika melihat potensinya ini sangat besar sekali dan jika dikelola dengan baik dan ditata oleh pihak desa, maka bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar," kata Riyanto.

Dari itu, lanjut Riyanto tempat ini diharapkan tempat ini tetap terjaga dengan baik dan bisa menjadi perhatian desa, karena ini salah satu potensi desa untuk dikembangkan menjadi desa wisata.

Apalagi jika pengunjung ikut menelusuri hingga ke ujung gua, pengunjung bisa melihat aliran sungai di antara bebatuan alam yang terbentuk sempurna. Tentunya itu akan memanjakan pengunjung untuk bermain di aliran air yang jernih dari dalam gua yang mengarah ke sungai besar yang bermana sungai Mahakam.

Namun sayang, meski memiliki daya tarik yang besar, hamparan gua di kawasan pegunungan di desa Sendulang, Kecamatan Sebulu, masih belum dikelola secara optimal. Akses masuk menuju desa Sedulang masih jauh dari harapan, fasilitas penunjang juga masih minim, promosi juga masih sangat kurang, sehingga wisatawan yang datang masih minim.

"Kita harapkan pemerintah bisa memberikan kontribusi yang nyata untuk menunjang sektor pariwisata di tempat ini, yang pasti akses jalan menuju tempat ini diperbaiki sehingga pengunjung tidak kesulitan jika datang ke tempat ini," kata Riyanto.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Saksi Diminta Tak Sebut Nama Azis Syamsuddin dalam Kasus Korupsi"
[Gambas:Video 20detik]

(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA