Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Jan 2021 16:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Monumen Perjuangan Jabar Rampung Direvitalisasi, Warga Bisa JJS dan Berfoto

Siti Fatimah
detikTravel
Monumen Perjuangan Jawa Barat di Bandung
Monumen Perjuangan Jawa Barat du Bandung usai direvitalisasi. (Siti Fatimah/detikTravel)
Bandung -

Monumen Perjuangan (Monju) Jawa Barat yang berada di Jalan Japati, Kota Bandung selesai direvitalisasi. Monumen itu menjadi tempat berfoto dan jalan-jalan sore alias JJS favorit warga.

Revitalisasi Monumen Perjuangan yang merupakan bukti sejarah perjuangan rakyat Jabar dalam mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1945-1949 itu, tinggal menunggu diresmikan oleh Pemprov Jawa Barat. Meskipun belum diresmikan, masyarakat sudah mulai memasuki area taman Monju ini. Aktivitas yang dilakukan sekedar berjalan-jalan dan mengambil foto di sekitar area taman.

Sebelum memasuki aren taman Monju, terdapat beberapa anak tangga dan jalan khusus beroda. Samping kanan dan kiri dihiasi tanaman hijau yang berbunga. Terlihat paving block pun sudah terpasang merata di seluruh area.

Monumen Perjuangan Jawa Barat di BandungMonumen Perjuangan Jawa Barat di Bandung Foto: Siti Fatimah/detikTravel

Warna hitam, putih dan abu-abu mendominasi wajah baru taman ini. Selain dua tiang yang menjulang tinggi beraksen rongga-rongga, enam tiang kecil dan dua taman di bagian tengah menambah ramai potret taman ini.

Tak sedikit warga yang memanfaatkan ruang terbuka itu untuk beristirahat, salah satunya Iim Suhendar (41). Dia mengaku, warga sekitar lebih mengenal dengan nama Taman Telkom karena lokasinya yang berdekatan dengan Dapen Telkom.

"Senang ya ada taman baru, kalau dulu ini tertutup pagar. Sekarang kan terbuka dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang mau olahraga atau cuma jalan-jalan kayak bapak," ujarnya kepada detikcom, Selasa (26/1/2021).

Dia optimistis, Monumen Perjuangan itu akan ramai seperti taman-taman lain yang ada di Kota Bandung.

"Pasti ramai ya, sekarang kan masih pandemi. Jadi, kondisinya juga kurang baik buat meramaikan tempat umum. Apalagi, kalau taman terbuka gini kan enggak cuman buat anak muda doang. Cuman sayangnya masih belum ada tempat sampah sekarang," ujarnya.

Monumen Perjuangan Jawa Barat di BandungMonumen Perjuangan Jawa Barat di Bandung Foto: Siti Fatimah/detikTravel

Rahim (29), pengunjung lain juga menilai hal serupa. Menurutnya, karena taman baru sehingga menarik perhatian untuk berkunjung dan mengambil foto.

"Karena penasaran sih, setiap lewat di Jalan Surapati kan suka keliatan. Terus pas dilihat lagi sepi, jadi coba buat kiat-kiat keliling aja. Bagus tamannya di Monumen Perjuangan ini, instagrammable juga," ujarnya.



Simak Video "Preman Kampung Pukul-Bacok Pemobil di Garut Diciduk"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA