Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Feb 2021 10:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Melihat Keindahan Embung Sekembang di Pagergunung Magelang

Eko Susanto
detikTravel
Embung Sakembang Magelang
Embung Sakembang (Eko Susanto/detikcom)
Jakarta -

Asik nih ada destinasi wisata baru di Magelang. Namanya Embung Sakembang. Cocok buat gowes dan berburu foto instagramble.

Embung Sakembang terletak di wilayah Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang patut dikunjungi. Destinasi wisata ini yakni Embung Sekembang.

Keberadaan Embung Sekembang ini berada di Desa Pagergunung, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Untuk mencapai lokasi ini sangat mudah, bisa dengan bantuan google maps.

Dari embung ini jika cuaca cerah, bisa melihat keindahan Gunung Andong, Telomoyo, Merbabu dan Gunung Sumbing. Untuk saat ini, jika ingin berkunjung di embung ini hanya cukup membayar biaya parkir sepeda motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

Sekalipun demikian, wisatawan sudah banyak yang berkunjung di lokasi ini. Kebanyakan yang datang pada pagi hari untuk melihat sunrise dan sore hari melihat sunset.

"Nantinya kalau sudah ada serah terima embung ini, nantinya desa akan mengembangkan destinasi wisata. Rencananya ada penambahan untuk kamping, agro, kolam renang anak sama kantin," kata Sekretaris Desa Pagergunung, Asmawi, Senin (15/2/2021).

Embung Sakembang MagelangEmbung Sakembang Magelang. Foto: Eko Susanto/detikcom

Total bangunan embung menggunakan lahan kas desa seluas 2,8 hektare. Saat ini lahan yang tersisa 2 hektare, kemudian embung terbentuk oval mampu menampung air sebanyak 14.000 meter kubik. Diperkirakan embung ini nantinya mampu mengairi lahan pertanian seluas 45 hektar.

"Mampu menampung air sebanyak 14.000 meter kubik. Ini mengakhiri 45 hektar. Bentuknya oval. Desain pertama, persegi nggak ada seninya, kita minta agak oval," ujarnya.

Pihaknya menambahkan, saat ini belum ada tiket masuk sehingga baru mengelola lahan parkir. Nanti, jika sudah ada penyerahan dari pemerintah kepada desa, akan dibuat tiket masuk.

"Kita belum berani untuk membuat tiket masuk, jadi kita hanya mengelola parkir Rp2.000 sepeda motor dan mobil Rp5.000. Ke depannya, kita buat Perdes untuk retribusi tiket masuk, pengelola Bumdes. Pengelola lapangan Pokdarwis," tuturnya.

Selanjutnya: asal mula nama Embung Sakembang

Asmawi menambahkan, dinamai Embung Sekembang karena dulunya merupakan kawasan yang ditanami bunga-bunga. Untuk itu, nantinya kawasan ini juga akan ditanami bunga-bunga kembali.

"Embung Sekembang ini dulu disini kan ada tanaman bunga semua, dulu. Akan dikembalikan untuk zaman dulu tanaman bunga semua," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin mengatakan, embung ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Desa Pagergunung. Dengan banyaknya orang yang berkunjung nantinya ekonomi masyarakat bisa tumbuh.

"Alhamdulillah dengan adanya embung ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Desa Pagergunung ini. Harapannya ke depan selain ini, kan pasti banyak yang berkunjung ke sini ekonomi masyarakat juga bisa tumbuh," katanya yang sengaja gowes ke lokasi itu.

Embung Sakembang MagelangEmbung Sakembang Magelang. Foto: Eko Susanto/detikcom

Ia mengaku baru sekali datang ke embung tersebut. Perihal keberadaan embung ini diketahui dari postingan di medsos. Kemudian, setelah datang pemandangannya diakui bagus sekali.

"Kalau Embung Sekembang baru kali ini. Lihat postingan teman-teman baik yang di Kabupaten Magelang mungkin di luar Kabupaten Magelang yang udah kesini. Insya Allah nanti ada destinasi-destinasi lain di Kabupaten Magelang, saya harap bisa gowes, sekaligus saya promosikan," tuturnya.

"Lumayan kok sesuai ekspektasi, tapi karena memang baru jadi masih perlu pengembangan-pengembangan. Viewnya, bagus ada Gunung Merbabu, Andong, kemudian Telomoyo dan Sumbing. Luar biasa Kabupaten Magelang, anugerah yang luar biasa," tuturnya.

Salah satu pengunjung, Prety (32), warga Grabag mengaku, pemandangannya sangat bagus bisa jadi destinasi wisata.

"Sangat bagus bisa jadi destinasi wisata. View bagus, sekalipun belum sempurna. Perlu ditambah dengan gazebo," tuturnya.

Pengunjung yang datang bisa berfoto maupun selfie dengan latar belakang Gunung Andong, Merbabu maupun lainnya. Jika pengunjung yang datang ingin mendapatkan foto yang bagus di lokasi ada tukang foto. Untuk tarif per foto sebesar Rp2.500.

"Tarif per foto Rp2.500. Pengunjung yang datang rata-rata pesan 8 foto. Foto dari kamera langsung, saya pindahkan di memori handphone," ujar tukang foto, Edi Purwanto (25).

Minuman Sekembang

Embung Sakembang MagelangMinuman Sakembang. Foto: Eko Susanto/detikcom

Wisatawan yang datang ke Embung Sekembang perlu mencoba minuman khas. Minuman tersebut berbahan rempah-rempah yang diberi nama Sekembang. Adapun bahan minuman ini terdiri dari jahe, kunyit, serai jeruk nipis Jawa dituangkan dengan air panas dan gula pasir.

"Ini khas Sekembang. Bahannya meliputi jahe, kunyit, serai, jeruk nipis Jawa, air panas dikasih gula pasir. Per gelas kecil Rp3.000 dan gelas besar Rp5.000," ujar Isri yang menjual di Kantin Sekembang, itu.

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA