Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Feb 2021 10:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Lepaskan Penat di Ciboer Pass yang Ijo Royo-royo

Bima Bagaskara
detikTravel
Ciboer Pass Majalengka
Ciboer Pass (Bima Bagaskara/detikcom)
Majalengka -

Akhir pekan jadi waktu yang tepat untuk melepas penat sejenak. Hijau royo-royo, Ciboer Pass Majalengka bisa jadi pilihanmu.

Tak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati libur akhir pekan dengan berkunjung ke tempat wisata alam, di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat terdapat objek wisata alam yang belakangan sedang nge-hits di kalangan anak muda.

Objek wisata itu bernama Ciboer Pass yang berada di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, berbatasan langsung dengan Cirebon dan Kuningan. Ciboer Pass berjarak 24 kilometer dari pusat Kota Majalengka.

Ciboer Pass MajalengkaCiboer Pass Majalengka Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Sepintas tempat wisata ini memang terlihat sederhana, namun pemandangan terasering sawah yang dibelah jalan setapak berkelok membuat Ciboer Pass memiliki daya tarik sendiri bagi pengunjungnya.

Dari ketinggian 565 mdpl pengunjung bisa melihat view gunung Gunung Ciremai. Ciboer Pass ini sangat cocok dijadikan tujuan untuk menghilangkan penat. Pemandangannya pun sangat indah.

Ciboer Pass sendiri mulai dijadikan tempat wisata pada awal tahun 2019 lalu. Selain menghadirkan pemandangan alam yang indah, di Ciboer Pass ini juga terdapat tempat penginapan serta tempat makan yang menyajikan kuliner khas pedesaan.

"Di sini (Ciboer Pass) basicnya alam, view persawahan dan Gunung Ciremai. Ada juga kuliner, penginapan kolam renang dan masih banyak yang lagi dipersiapakan," kata Marta Adjmaja owner Wisata Ciboer Pass Minggu (28/2/2021).

Ciboer Pass MajalengkaCiboer Pass Majalengka Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)



Pengunjung yang datang ke Ciboer Pass juga berkesempatan untuk ikut langsung menanam padi bersama para petani di sana. Abah Marta sapaan akrabnya mengungkapkan, fasilitas tersebut diberi nama 'atraksi'.

"Kami juga menyediakan kerbau jadi pengunjung boleh ikut membajak sawah, ikut menanam, memanen, memandikan kerbau. Karena sekarang masih tahap pembangunan, semuanya tidak dipatok harga, hanya seikhlasnya saja," ungkap Abah Marta.

Menurut Abah Marta lokasi Ciboer Pass juga sering dijadikan tempat pra-wedding karena pemandangannya yang sangat indah itu. Disana juga terdapat aliran sungai kecil dengan air yang jernih.

Nantinya selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga bisa memacu adrenalin dengan bermain body rafting di sungai tersebut. "Tapi masih penataan, Ciboer Pass ini belum 100 persen masih banyak yang harus dibangun," ujarnya.

Meski dikatakan fasilitas yang ada di Ciboer Pass belum 100 persen jadi namun tidak menjadikan tempat wisata ini sepi pengunjung. Rata-rata dalam sehari ada 200 hingga 500 pengunjung yang datang ke Ciboer Pass.

Pengunjung biasanya datang untuk bersantai melihat pemandangan serta berburu foto dengan latar belakang terasering persawahan.

Untuk bisa menikmati keindahan alam di Ciboer Pass pengunjung tidak perlu menguras kantong, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu.

Namun jika ingin menginap di Ciboer Pass, ada paket yang ditawarkan dengan kisaran harga mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 1 juta.

"Untuk penginapan Rp 750 per malam itu untuk cottage, untuk villa Rp 1 juta sudah termasuk sarapan pagi," pungkasnya.



Simak Video "Tambang Emas Ilegal di Tasikmalaya Ditertibkan Petugas Gabungan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA