Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Mar 2021 17:48 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini 10 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Kebun Raya Bogor

Putu Intan
detikTravel
Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor. Foto: Grandyos Zafna/detikcom

6. Mengunjungi makam Belanda

Makam Belanda di Kebun Raya BogorMakam Belanda di Kebun Raya Bogor Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Banyak yang belum tahu, di Kebun Raya Bogor terdapat pemakaman kuno Belanda. Pemakaman ini sudah ada bahkan sebelum Kebun Raya Bogor dibangun pada tahun 1817.

Makam di sana berjumlah 42 di mana 38 di antaranya memiliki identitas sedangkan yang lainnya tak dikenal. Di sana bersemayam para petinggi Hindia Belanda, salah satunya D.J, de ee Erens yang merupakan gubernur jenderal periode 1836-1840.

Selain itu, di pemakaman ini juga banyak ditemukan makam anak-anak yang menjadi korban wabah malaria yang dulu sempat menghebohkan Nusantara.

7. Merasakan cai kahuripan

Cai Kahuripan di Kebun Raya BogorCai Kahuripan di Kebun Raya Bogor. Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Kebun Raya Bogor memiliki sumber mata air yang kerap dimanfaatkan untuk berbagai acara dan diyakini berkhasiat agar awet muda, yaitu cai kahuripan atau air kehidupan. Air ini tertampung dalam sebuah sumur dan tampak begitu jernih.

Di sana juga disediakan gayung untuk mengambil air tersebut. Jika ditengok ke dalam sumurnya, terdapat koin-koin yang sengaja dilemparkan masuk ke dalam sana.

Kendati dipercaya memiliki khasiat tertentu, pengelola Kebun Raya Bogor tidak mengizinkan pengunjung memanfaatkan air ini untuk ritual klenik dan sejenisnya. Jadi, perlu diingat traveler untuk memanfaatkan air ini secara bijaksana.

8. Berburu spot foto instagramable

Taman Bhinneka Kebun Raya BogorTaman Bhinneka Kebun Raya Bogor. Foto: (Afif/detikTravel)

Kebun Raya Bogor menjadi lokasi yang pas untuk hunting foto. Di sana terdapat berbagai spot Instagramable, mulai dari halaman Istana Bogor, Taman Soedjana Kassan, dan masih banyak lagi.

9. Nongkrong di kafe

Jika traveler lapar dan haus, traveler dapat mampir ke salah satu kafe di Kebun Raya Bogor. Kafe bernama Secret Garden menyajikan berbagai menu Indonesia seperti soto ayam, nasi ayam sambal matah, nasi goreng, wedang jahe, dan lain-lain.

Selain itu ada pula kudapan-kudapan seperti aneka gorengan, pancake, ice cream, dan minuman kekinian seperti aneka kopi dan bubble tea.

Untuk harganya sesuai dengan menu kafe pada umumnya yaitu berkisar mulai Rp 6.000-Rp 32.000 ribu untuk minuman sementara makanan berkisar Rp 12.000-Rp 40.000.

10. Belanja oleh-oleh

Botarium di Kebun Raya BogorBotarium di Kebun Raya Bogor. Foto: Putu Intan/detikcom

Setelah puas jalan-jalan seharian di Kebun Raya Bogor, kurang pas bila tidak bawa oleh-oleh. Traveler dapat membeli aneka cinderamata mulai dari kaos, tas, hingga bibit tanaman di Toko Olive.

Namun primadona cinderamata di Olive adalah botarium, yaitu tanaman yang disusun di dalam sebuah wadah mirip akuarium. Untuk harganya dibanderol mulai Rp 300 ribuan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA