Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Apr 2021 12:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Daftar Masjid Terindah di Dunia, Ini 5 yang Ada di Indonesia (Bagian 2)

Tim detikcom
detikTravel
Potret udara Masjid Istiqlal, Jakarta.
Foto: Masjid Istiqlal (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Traveler sudah berencana salat tarawih di mana?

Masjid-masjid cantik tersebar di seluruh dunia untuk umat muslim menunaikan ibadah. Tak kalah dengan masjid yang ada di luar negeri, Indonesia juga memiliki banyak masjid berdesain indah. Berikut 5 masjid cantik yang ada di Indonesia.

11. Masjid Istiqlal, Indonesia

Masjid Istiqlal di Jakarta adalah masjid terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Masjid Istiqlal yang dibangun tahun 1951 dan selesai tahun 1978 silam luasnya 9 hektar, punya 5 lantai dan mampu menampung sekitar 200 ribu jamaah. Masjid Istiqlal memiliki sejumlah keunikan arsitektur.

Masjid ini punya 12 pilar besar menandai tanggal lahir Nabi Muhammad SAW. Tinggi minaretnya 66,66 meter menandai 6.666 ayat Al Quran dan ada 7 pintu masuk yang dinamai dari Asmaul Husna. Masjid Istiqlal adalah destinasi favorit untuk itikaf para traveler ketika bulan Ramadan tiba.

Inilah wajah teranyar Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara yang dapat menampung 200.000 jamaah usai di renovasi.Inilah wajah teranyar Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara yang dapat menampung 200.000 jamaah usai di renovasi. Foto: Grandyos Zafna/detikcom

12. Masjid Kubah Emas, Indonesia

Indonesia punya masjid berkubah emas tepatnya di Depok, Jawa Barat. Masjid yang memiliki nama asli Masjid Dian Al Mahri ini mampu menampung kurang lebih 20.000 jamaah. Yang paling dicari-cari turis yang datang pastinya kemegahan kubahnya. Ada 5 kubah di bangunan ini, dan semuanya terbuat dari emas dengan ketebalan 2-3 mm.

Selain kubah, relief di atas tempat imam pun terbuat dari emas 18 karat. Aula yang megah menjadi salah satu gaya khas Timur Tengah. Ditambah dengan warna dan gaya lorong yang membuat traveler merasa ada di Timur Tengah. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid membuatnya semakin cantik!

Masjid-masjid dibangun megah di berbagai negara. Meski arsitekturnya beda, namun ada sejumlah masjid yang memiliki kesamaan kubah yang berwarna emas.Masjid-masjid dibangun megah di berbagai negara. Meski arsitekturnya beda, namun ada sejumlah masjid yang memiliki kesamaan kubah yang berwarna emas. Foto: Getty Images

13. Masjid Raya Baiturrahman, Indonesia

Berdiri pada tahun 1612, Masjid Raya Baiturrahman dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda. Masjid berwarna putih dan berkubah hitam ini jadi salah satu saksi bisu kala tsunami Aceh 2004 silam. Waktu itu banyak warga yang dievakuasi dan berlindung di masjid itu, karena tidak hancur terkena gempa.

Masjid Raya Baiturrahman adalah ikon dari Banda Aceh. Turis manapun pasti menyempatkan diri untuk datang ke masjid cantik ini. Jangan lupa berpakaian sopan ya!

Masjid terindah di Nusantara, Masjid Baiturrahman Aceh dan Masjid 99 Kubah Makassar.Masjid Baiturrahman, Aceh. (Unsplash)

Selanjutnya, Masjid Menara Kudus dan Masjid Agung Demak

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA