Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Apr 2021 22:04 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Rekomendasi Desa Wisata ala Sandiaga Uno

Desa Panglipuran Bali
Desa Penglipuran di Bali Foto: Angga Riza/detikcom
Jakarta -

Desa wisata jadi salah satu destinasi unggulan di masa pandemi. Menparekraf Sandiaga Uno punya 5 desa wisata yang direkomendasikan buat traveler. Apa saja ya?

Ketika ditanya tentang rekomendasi desa wisata, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno langsung menyebutkan 5 yang jadi pilihannya secara personal.

Dihimpun detikTravel, (13/4/2021) berikut 5 desa wisata pilihan ala Sandiaga Uno:

1. Desa Penglipuran

"Kalau yang spesial banget, rekomendasi saya adalah Desa Wisata Penglipuran di Bangli, desa terbersih sedunia," kata Sandiaga.

Desa Penglipuran merupakan sebuah desa kecil di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali. Desa ini pernah menyandang predikat sebagai desa terbersih di dunia. Tak salah memang, karena desa ini begitu cantik dan bersih.

Sandiaga Uno di Desa Penglipuran, Bali.Sandiaga Uno di Desa Penglipuran, Bali. Foto: (dok Kemenparekraf)

2. Desa Wisata Lerep

Selanjutnya ada desa wisata Lerep yang berada di Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Desa wisata ini punya daya tarik berupa suasananya yang mengingatkan kita akan tempo dulu.

Warga lereng Gunung Ungaran, Lerep dikenal sebagai desa wisata yang masih kental menjaga kearifan lokal. Salah satunya perayaan Wangan Cenginging.Warga lereng Gunung Ungaran, Lerep dikenal sebagai desa wisata yang masih kental menjaga kearifan lokal. Salah satunya perayaan Wangan Cenginging. Foto: Aji Kusuma

"Daya tariknya tempo dulu, dan punya kuliner khas, termasuk duren yang lagi hits. Desa agrobisnis ini menyediakan ekosistem ekotourism yang sangat digemari," kata Sandiaga.

3. Desa Wisata Sade

Selanjutnya ada Desa Wisata Sade di Rembitan, Lombok Tengah yang juga direkomendasikan Sandiaga Uno. Desa wisata ini memang cukup favorit di kalangan wisatawan.

Desa SadeDesa Sade Foto: shutterstock

"Ini desa wisata yang selalu jadi favorit karena memiliki produk-produk ekonomi kreatif seperti tenun dan tari-tarian khas suku Sasak yang merupakan suku asli dari Lombok," imbuh pria berkacamata ini.

Merasakan Keramahan Suku Osing dari BanyuwangiMerasakan Keramahan Suku Osing dari Banyuwangi Foto: (Rachman Haryanto/detikcom)

4. Desa Wisata Osing

Desa wisata keempat yang direkomendasikan Sandiaga adalah desa wisata Osing di Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Di desa ini, hidup suku Osing yang merupakan penduduk asli Banyuwangi.

Desa Kemiren, Kecamatan Glagah menyabet penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Desa itu meraih juara tiga untuk kategori desa wisata maju di ajang Lomba Desa Wisata Nusantara 2019.Desa Wisata Osing pernah memenangkan Lomba Desa Wisata Nusantara 2019. Foto: Ardian Fanani

"Masyarakat Osing di Kemiren ini punya tradisi yang sudah dijalankan turun temurun. Ada kopinya yang menarik, ada juga daya tarik bercocok tanam, menumbuk padi, sampai warisan budaya asli Suku Osing," lanjutnya.

5. Desa Wisata Liang Ndara

Terakhir, Sandiaga merekomendasikan desa wisata Liang Ndara yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Desa wisata yang berlokasi tak jauh dari Labuan Bajo ini punya daya tarik tarian khas hingga air terjun.

"Daya tarik utamanya adalah pertunjukan Caci. Tarian tradisional ini hanya dapat ditemukan di desa Liang Ndara. Wisatawan juga bisa menyaksikan pembuatan kerajinan tangan, membeli hasil karya kain tenun Flores yang kaya warna-warni. Semuanya dikerjakan perempuan-perempuan hebat," tutup Sandiaga.

Desa Adat Liang NdaraDesa Adat Liang Ndara Foto: (Bonauli/detikcom)


Simak Video "Desa Wisata RI Disebut Berpotensi Jadi Digital Nomad"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA