Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Apr 2021 20:29 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Yuk! Jajal Deretan Objek Wisata di Lembang Saat Ramadhan

Whisnu Pradana
detikTravel
Yuk Jajal Deretan Objek Wisata di Lembang Saat Bulan Ramadan
Foto: (Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, tak hentinya menyuguhkan suasana yang sejuk dan menyegarkan juga memberikan pemandangan yang menenangkan mata bagi para wisatawan.

Kendati sedang ada di tengah-tengah bulan Ramadan, nampaknya berwisata tetap bisa dilakukan. Tak perlu terlalu lelah, cukup berjalan-jalan ringan saja menyusuri deretan pohon pinus.

Berikut detikcom pilihkan untuk anda deretan objek wisata alam di Lembang yang cocok dijajal meskipun sedang berpuasa.


1. Hutan Pinus Giri Wening

Objek wisata bertema alam yang jadi pilihan lain pengunjung saat berkunjung ke Lembang yakni wisata hutan pinus Giri Wening. Wisata alam yang berada di Desa Cikidang, Lembang itu menyuguhkan suasana asri hutan pinus dan kesegaran udara yang tak ada di kota.

Warga yang datang tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk membeli tiket masuk. Meski gratis, tempat dan pemandangan alamnya sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Meski biaya masuk masih gratis namun berbagai fasilitas telah tersedia seperti tempat bermain anak, mushala, kamar mandi, camping ground hingga jembatan mini yang cocok sebagai lokasi berswafoto.

Jalurnya tak terlalu menanjak dan bisa diakses menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Rasanya Hutan Pinus Giri Wening cocok dimasukkan daftar liburan anda di Ramadhan kali ini.

Yuk Jajal Deretan Objek Wisata di Lembang Saat Bulan RamadanHutan Pinus Giri Wening Foto: (Whisnu Pradana/detikcom)


2. Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Parahu juga bisa dijadikan sebagai destinasi menikmati alam selama libur akhir pekan di bulan Ramadan kali ini. Gunung yang berada di perbatasan Lembang dan Subang itu menawarkan suasana sejuk, pemandangan ciamik, dan spot swafoto yang sayang untuk dilewatkan.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.048 mdpl itu merupakan gunung berapi aktif yang terakhir meletus pada tahun 2018 lalu. Ada beberapa kawah yang bisa dijajal pengunjung, di antaranya Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas.

Untuk bisa menikmati objek wisata Gunung Tangkuban Parahu, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 35 ribu per orang. Sementara untuk wisatawan mancanegara Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu.

Yuk Jajal Deretan Objek Wisata di Lembang Saat Bulan RamadanGunung Tangkuban Parahu Foto: (Whisnu Pradana/detikcom)


3. Curug Layung

Berada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut (mdpl), Curug Layung menjadi destinasi yang wajib dijajal wisatawan terutama dari luar Bandung Raya.

Untuk menuju Curug Layung ini terdapat dua jalur yang bisa dilewati, yakni lewat jalur Gapura Komando dan lewat jalur daerah wisata CIC (Ciwangun Indah Camp).

Jika pengunjung berangkat dari arah Kota Bandung, untuk menuju ke lokasi ini bisa melalui Jalan Setiabudi, dan masuk ke Jalan Cihideung (depan Terminal Ledeng). Sementara jika pengunjung berasal dari arah Cimahi, wisatawan bisa melalui Jalan Kolonel Masturi menuju Kecamatan Cisarua.

Tepat di Gapura Komando (Dusun Bambu) masuk terus ke arah utara sekitar 500 meter. Jangan khawatir, kendaraan roda empat pun bisa mengakses jalur ini. Kemudian, ikuti jalur menanjak hingga masuk gerbang Wisata Curug Layung. Di sini anda bisa memarkirkan kendaraan dan membeli tiket masuk seharga Rp 10 ribu.

Yuk Jajal Deretan Objek Wisata di Lembang Saat Bulan RamadanCurug Layung Foto: (Whisnu Pradana/detikcom)


4. Curug Pelangi Cimahi

Objek wisata alam alternatif lainnya saat ingin melepas penat di Bandung Barat yakni Curug Pelangi Cimahi. Curug yang ada di Desa Kertawangi, Kecamatan Ngamprah, KBB, tersebut menyuguhkan pemandangan air terjun setinggi 76 meter.

Curug Cimahi yang kini dikelola oleh Perhutani kini menjadi destinasi wisata alam yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Namun usaha dan rasa lelah yang dikeluarkan bakal terbayar saat menyentuh segarnya air terjun di Bandung Barat tersebut. Untuk masuk ke Curug Pelangi Cimahi, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 25 ribu untuk wisatawan asing.

Yuk Jajal Deretan Objek Wisata di Lembang Saat Bulan Ramadan Curug Pelangi Cimahi Foto: (Whisnu Pradana/detikcom)



Simak Video "Jorok! Sungai Cipamokolan Penuh Sampah, Ini Respon Pemkot Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA