Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Mei 2021 04:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ide Ngabuburit: Wisata Religi ke Ikonnya Provinsi Aceh

Syanti Mustika
detikTravel
Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
Masjid Raya Baiturrahman Foto: (Syanti/detikcom)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Jakarta -

Masjid Raya Baiturrahman merupakan ikon dari wisata religi Provinsi Aceh. Bisa nih jadi destinasi wisata religi saat liburan ke Aceh nanti.

Hujan baru saja turun dan membasahi lantai masjid. Perlahan, cahaya orange dari Matahari menembus awan yang mulanya kelabu, perlahan mulai terang. Suasana syahdu menambah kesejukan hati saat menginjakan kaki di Masjid Raya Baiturrahman.

Tampak para pengunjung begitu menikmati suasana sore saat itu. Seorang gadis kecil berjilbab pink, berlari-lari dengan balon Micky Mouse di tangannya di lantai luar masjid. Dia memamerkan balon yang digenggamnya kepada saudara laki-lakinya yang sedang duduk melantai dengan ayahnya.

Basahnya masjid tidak menghalangi antusias pengunjung untuk tetap berkeliling masjid. Sembari memegang ponsel, tak henti mereka mengabadikan tiap sudut masjid. Memang, tidak diragukan lagi betapa megahnya Masjid Raya Baiturrahman ini.

Masjid Raya Baiturrahman di Banda AcehMasjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh Foto: (Syanti/detikcom)

Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid yang ada di Banda Aceh dan menjadi ikoniknya pariwisata di sana. Siapapun turis yang datang wisata religi ke Aceh, pasti mereka meluangkan waktu untuk berkunjung ataupun salat ke Masjid Raya Baiturrahman.

Saat berkunjung ke masjid, saat detikcom meletakkan sepatu di tempat penitipan, penjaganya pun mengingatkan tidak boleh masuk karena memakai saya memakai celana saat itu. Dia menjelaskan bahwa peraturan untuk pengunjung saat masuk ke dalam kawasan masjid adalah tidak boleh mengenakan celana bagi perempuan.

Kemudian saya menanyakan, bagaimana bila mengenakan bawahan mukena untuk menutupi kaki? Ternyata boleh dan penjaganya mengizinkan masuk.

Setelah melewati beberapa anak tangga, saya pun menginjakkan kaki di lantai pelataran masjid. Masyaallah, saya punya kesempatan untuk menatap langsung salah satu masjid termegah di Indonesia ini.

Saya tidak henti menatap dan memutar bola mata seolah tidak ingin melewatkan sedikitpun sudut bangunan masjid. Masjid yang dibangun pada 1612 M oleh Sultah Iskandar Muda Mahkota Alam ini begitu megah!

Cahaya sore saat itu sangat dramatis. Pantulan bangunan masjid akibat refleksi pada lantai yang basah, menjadi sasaran kamera saya.

Saat berkeliling, saya baru menyadari ternyata ramai juga orang-orang yang berfoto dengan latar bangunan masjid. Ada juga mereka yang duduk di lantai sembari mengobrol dan melihat-lihat masjid. Pengunjung pun beragam, ada yang solo, bersama keluarga, dengan teman, bahkan ada juga yang rombongan.

Masjid Raya Baiturrahman di Banda AcehMasjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh Foto: (Syanti/detikcom)

Adapun yang mencuri perhatian saya adalah payung raksasa yang mengelilingi masjid. Lantai masjid yang terbuat dari marmer berwarna putih juga bersih mengkilap. Kemudian saya pun membelakangi masjid dan melihat menara besar yang tinggi menjulang.

Untuk informasi saja bagi traveler, Masjid Baiturrahman memiliki 7 kubah, 4 menara, dan 1 menara induk. Luas area masjid pun bertambah kurang lebih sekitar 4 hektar. Di dalam kompleks masjid terdapat sebuah kolam dan menara induk.

Bila dipandang dari depan, tampak 5 kubah besar yang berwarna hitam. Dan saat siang hari pun tidak terasa panas karena ada 12 payung raksasa yang terpasang. Lantai marmer berwarna putih, menjadikan pelataran masjid sebagai tempat yang sejuk. Jadi ramai pengunjung yang duduk-duduk bersantai di lantai pelataran masjid.

Masjid Raya Baiturrahman di Banda AcehMasjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh Foto: (Syanti/detikcom)

Masuk ke dalam masjid kamu akan disambutnya oleh banyaknya tiang yang menyangga bangunan masjid. Perhatikan interiornya dihiasi dengan dinding, tangga marmer dan lantai dari Tiongkok. Jendela kaca yang menawan di bagian atas, pintu kayu berdekorasi, lampu hias gantung, serta batu-batu bangunan yang berasal dari Belanda.

Luas ruangan dalam masjid mencapai 4.760 meter persegi. Masjid mampu menampung 10.000 jamaah di dalam. Dan jika digabungkan dengan di halaman masjid bisa menampung sekitar 30.000 jamaah.

Kapan kamu mau ke Masjid Raya Baiturrahman?



Simak Video "Menikmati Keindahaan Pantai Lampuuk, Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA