Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Mei 2021 03:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Masyaallah, 5 Masjid Indonesia dengan Arsitektur Unik

Syanti Mustika
detikTravel
Masjid Kapal Nabi Nuh dari Semarang
Foto: (Angling/detikTravel)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler

4. Masjid Ceng Ho, Surabaya

Masjid Cheng Ho Surabaya dibangun oleh para pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) dan pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Jawa Timur serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya. Pembangunan masjid ini dibuat mirip seperti klenteng sebagai wujud penghormatan sosok laksamana Cheng Ho yang membawa misi perdamaian dan seorang muslim yang taat beribadah. Dan, membuat monumental catatan dan fakta perjalanan sejarah sebagai bahariwan muslim yang terkenal dan terpuji.

Bangunan Masjid Cheng Ho ini faktanya banyak tersebar di perkotaan Indonesia. Pada tahun 2002, Masjid Cheng Ho yang paling awal berdiri di Surabaya.

Lalu disusul oleh kota Palembang (2006), Kutai Kartanegara (2007), Purbalingga (2011), Jambi (2012), Gowa dan Banjarmasin (2014), Batam (2015), Banyuwangi (2016), Samarinda (2017).

Masjid Cheng Hoo di SurabayaMasjid Cheng Hoo di Surabaya Foto: (Rois/detikTravel)

5. Masjid Perahu Nabi Nuh, Semarang

Masjid yang dibangun sejak pertengahan tahun 2015 itu memang menarik karena temboknya dilukis menyerupai kayu. Bahkan terdapat jendela berbentuk lingkaran khas kapal. Bentuk kapalnya mengambil model dasar dari kapal Nabi Nuh. Masjid ini terletak di Jalan Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Semarang.

Bangunan masjid milik Yayasan Safinatun Najaat, Pekalongan itu memiliki 3 lantai dan sudah mulai difungsikan lantai 1 dan 2. Lantai pertama untuk aula dan kini ada pengobatan alternatif setiap hari Sabtu, Minggu, Senin, dan Selasa oleh Habib Sholeh Bin Ali Bin Yahya.

Lantai 2 sudah berfungsi untuk salat dan nantinya lantai 3 digunakan untuk perpustakaan. Lantai 3 masjid untuk perpustakaan untuk belajar. Masjid Kapal ini berdiri di atas lahan seluas 4.000 m2.

Masjid Kapal Nabi Nuh dari SemarangMasjid Kapal Nabi Nuh dari Semarang Foto: (Angling/detikTravel)

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Masjid Agung Banten, Tempat Wisata Ziarah yang tak Pernah Sepi"
[Gambas:Video 20detik]

(sym/ddn)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA