Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Mei 2021 03:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Masyaallah, 5 Masjid Indonesia dengan Arsitektur Unik

Syanti Mustika
detikTravel
Masjid Kapal Nabi Nuh dari Semarang
Foto: (Angling/detikTravel)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Jakarta -

Indonesia kaya akan bangunan masjid dengan ragam arsitektur. Selain berfungsi untuk ibadah, masjid-masjid ini juga untuk wisata religi.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi Muslim yang besar di dunia. Jadi tidak heran banyak bangunan masjid yang indah san beragam yang bisa kita kunjungi di negeri tercinta ini.

Dirangkum detikcom, Rabu (12/5/2021) berikut deretan masjid dengan arsitektur unik yang bisa kamu masukan ke dalam destinasi religi kamu nanti.

1. Masjid Raya Sumatera Barat, Padang

Dikenal juga sebagai Masjid Mahligai Minang, Masjid Raya Sumatera Barat merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Lokasinya berada di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

Keunikannya dapat terlihat dari bagian atas masjid yang menyerupai Rumah Adat Minang dengan ciri bangunan berbentuk gonjong. Ada pula penggunaan ukiran hingga kaligrafi pada dinding bagian luar. Desain masjid juga menggambarkan kejadian peletakan batu Hajar Aswad yang menggunakan kain yang dibawa oleh empat orang perwakilan suku di kota Makkah.

masjidMasjid Raya Sumatera Barat Foto: (Randy/detikTravel)

Masyarakat Sumatera Barat terkenal dengan pepatah 'adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah' atau yang artinya adat bersendikan kepada agama dan agama bersendikan kepada kitabullah yaitu Al Qur'an. Menjadi masjid terbesar di Sumatera Barat, Masjid Raya Sumatera Barat dibangun di lahan seluas 40.000 meter persegi. Luas bangunan utama kurang dari setengah luas lahan

2. Masjid 99 Kubah, Makassar

Masjid 99 Kubah ini terletak di lahan reklamasi pesisir Pantai Losari. Tepatnya berada di Kawasan CPI (Center Point of Indonesia) - yang disebut lahan reklamasi. Jika sudah rampung, tentu saja bakal menjadi ikon wisata religi di Makassar.

Bangunan masjid dua lantai ini seluas 72x45 meter, dengan kapasitas sekitar 13 ribu jemaah. Umat Islam bisa beribadah di dalam, atas, sampai halamannya. Saat ini Masjid 99 Kubah belum bisa dikunjungi umum karena masih dalam tahap pembangunan

Masjid terindah di Nusantara, Masjid Baiturrahman Aceh dan Masjid 99 Kubah Makassar. Masjid 99 Kubah Makassar. Foto: Unsplash


3. Masjid Al Irsyad, Kota Baru Parahyangan

Masjid Al Irsyad berada di Kota Baru Parahyangan, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Masjid ini memiliki arsitektur bangunan yang tak biasa. Bangunannya berbentuk kubus menyerupai Kabah di Makkah.

Masjid Al Irsyad dibangun tahun 2009 dan baru diresmikan pada tanggal 27 Agustus 2010 silam. Jika biasanya masjid memiliki kubah, tidak demikian dengan Masjid Al Irsyad. Masjid ini dirancang arsitek ternama Indonesia, Ridwan Kamil yang kini menjabat Walikota Bandung.

Masjid ini memang memiliki konsep dan filosofi Islam, terinspirasi oleh Kabah yang merupakan lambang kesucian umat muslim di seluruh dunia. Kabah adalah bangunan sederhana namun memiliki makna agung.

Masjid Al Irsyad SatyaMasjid Al Irsyad Satya Foto: Kotabaruparahyangan.com

Selanjutnya: Masjid Ceng Ho, Surabaya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masjid Agung Banten, Tempat Wisata Ziarah yang tak Pernah Sepi"
[Gambas:Video 20detik]

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA