Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Mei 2021 09:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Pasar Beriman yang Ekstrem di Tomohon

Hari Suroto
detikTravel
Kelelawar di Pasar Tomohon
Foto: Pasar Beriman Tomohon (Getty Images)
Tomohon -

Pasar Beriman yang berada di kota Tomohon, Sulawesi Utara terkenal sebagai tempat bahan kuliner ekstrem. Mari mengenal pasar ini lebih dekat!

Di Pasar Beriman Tomohon ini, para pedagang menjual daging anjing, kucing, babi dan daging hewan liar lainnya. Hewan liar seperti kelelawar, ular, biawak, dan lainnya juga dijual di pasar ini.

Bahan kuliner serba daging yang dijual di Pasar Beriman tidak lepas dari budaya masyarakat Minahasa yang dikenal menyukai kuliner ekstrem.

Sebelum pandemi Covid-19 merebak, Pasar Beriman menjadi destinasi traveler China. Seperti diketahui terdapat penerbangan langsung dari Manado ke Guangzhou, China.

Pasar Beriman Tomohon di Sulawesi Utara memang tidak masuk dalam destinasi wisata prioritas Likupang, Manado dan Bitung. Tidak ada pula pasar ini dalam agenda daftar destinasi wisata agensi tur.

Biasanya traveler datang ke Pasar Beriman Tomohon atas inisiatif sendiri karena mengetahui popularitasnya sebagai tempat kuliner ekstrem.

Traveler bisa datang ke Pasar Beriman dengan ditemani agen tur atau sendiri. Tidak ada yang melarang mereka masuk dan blusukan ke dalam pasar. Masyarakat lokal dan para pedagang di Pasar Beriman Tomohon juga sudah terbiasa dengan kunjungan wisatawan.

Wisatawan asal China umumnya memperhatikan dengan biasa saja segala aktivitas di Pasar Beriman Tomohon. Mungkin mereka sudah terbiasa dengan perdagangan hewan liar di Wuhan.

Bahkan wisatawan asal China menganggap Pasar Beriman lebih bersih dari pasar serupa di sana. Hanya saja, respons dari traveler bule sebaliknya.

Mereka kasihan pada binatang yang dikandangkan dan terlihat tidak nyaman. Termasuk aroma menyengat saat tubuh anjing atau kucing dibakar untuk menghilangkan bulu-bulunya.

Mereka merasa iba dan tidak nyaman melihat sekumpulan anjing serta binatang lain yang masih hidup dikurung.

Umumnya wisatawan yang datang ke Sulawesi Utara akan berkunjung ke Bunaken untuk menikmati keindahan alam dan pesona bawah laut. Mereka juga menyaksikan kehidupan monyet pantat merah dan monyet tarsius yang terkecil di dunia di Taman Nasional Tangkoko.

Di sela agenda itu, wisatawan yang penasaran dengan kuliner ekstrem akan mampir ke Pasar Beriman Tomohon. Traveler sudah pernah ke pasar ini?


---
Artikel ini dibuat oleh Hari Suroto dari Balai Arkeologi Papua dan diubah seperlunya oleh redaksi.



Simak Video "Penjualan dan Pedagang Nan Cantik di Pasar Ekstrim Tomohon"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA