Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Jul 2021 10:18 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Masya Allah! Cantiknya Masjid Terapung Al-Alam

bonauli
detikTravel
Masjid Terapung Al-Alam di Kendari
Masjid Terapung Al-Alam (Pemrov Kendari)
Jakarta -

Kendari punya spot wisata religi baru, namanya Masjid Terapung Al-Alam. Cantiknya masjid ini bikin betah dan adem.

Bagi traveler yang mengunjungi ibukota Sulawesi Tenggara ini tak lengkap jika tidak mendatangi Masjid Al-Alam yang dijuluki masjid terapung yang berada di tengah Teluk Kendari.

Masjid ini memiliki luas 12.692 meter persegi dan mampu menampung hingga 10.000 jemaah. Posisi masjid yang terlihat seolah terapung di atas air dan memiliki empat menara memberi kesan artistik dan elegan.

Tak heran, selain sebagai tempat ibadah, keindahan bangunan masjid Al-Alam pun kerap menjadi sasaran pecinta fotografi dan swafoto. Pengunjung pun dibuat nyaman menikmati keindahan suasana Teluk Kendari dari lokasi masjid.

Masjid Terapung Al-Alam di KendariMasjid Terapung Al-Alam di Kendari Foto: (Pemrov Kendari)

Pamor Masjid Al-Alam sebagai destinasi semakin meningkat setelah Musyawarah Nasional Kamar Dagang dan Industri (Munas Kadin) 2021 yang dihadiri Presiden Joko Widodo digelar di pelataran masjid.

Masjid ini dirancang arsitek asal Sulawesi Selatan, Mursyid Mustafa dan mulai dibangun di masa Gubernur H Nur Alam sejak 2010 dan selesai pada 2018 dengan total biaya Rp 200 miliar. Pada awalnya, pembangunan masjid menuai pro dan kontra namun kini menjadi buah bibir masyarakat Sultra.

Sitya Giona Nur Alam, pendiri Masjid Terapung Al-AlamSitya Giona Nur Alam, Putri sulung Nur Alam pendiri Masjid Terapung Al-Alam Foto: (Sitya Giona Nur Alam/Istimewa)

Putri sulung Nur Alam, Sitya Giona Nur Alam mengungkapkan bahwa salah satu keadaan yang acap kali mendorong jiwa dan gagasan pemimpin saat menggagas sesuatu impian adalah protes dan kecurigaan sebagian pihak yang tidak sabar dan tidak memiliki jangkauan berpikir jauh akan manfaat dan perkembangan wilayah serta penataan kota agar lebih indah, harmonis,bersih hijau dan beriman. pemimpin bekerja dengan berakhir resiko, masyarakat kritis protes dengan berakhir manfaat.

"Selalu bersyukur pada Allah atas anugerah dan rahmat yg diberikan sehingga Masjid Al-Alam bisa selesai terbangun dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan disamping tujuan utamanya adalah sebagai rumah ibadah dan sujud kita kepada sang Khalik," ujarnya dalam rilis yang diterima detikTravel.

Masjid Terapung Al-Alam di KendariMasjid Terapung Al-Alam di Kendari Foto: (Pemrov Kendari)

Sementara terkait dampak ekonominya, salah satu Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan masjid, Budianto Razak mengutarakan manfaatnya bagi para pedagang kecil. Menurutnya, setiap hari kawasan masjid selalu ramai dikunjungi pengunjung dan membantu peningkatan perekonomian lokal, khususnya para pedagang di kawasan masjid.

"Sekarang masjid Al Alam menjadi daya tarik luar biasa. Saya sebagai warga Kendari merasa senang karena banyaknya pengunjung yang datang untuk melaksanakan ibadah atau berwisata menikmati keindahan masjid Al Alam," ujar Budianto.



Simak Video "Sembunyikan Sabu di Puntung Rokok, Pria di Kendari Dibekuk"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA