Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Jul 2021 11:36 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Unik Nih, Ada Wisata Memberi Makan Gajah di Candi Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Paket wisata memberi makan gajah di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.
Memberi makan gajah di Candi Borobudur. Foto: dok. TWC
Magelang -

Jalan-jalan ke Candi Borobudur kini tak cuma untuk belajar sejarah. Traveler juga bisa memberi makan gajah.

PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), menawarkan paket wisata memberi makan gajah. Paket wisata ini bisa dinikmati pengunjung setelah Taman Wisata Candi Borobudur dibuka kembali atau pasca-PPKM Darurat.

Untuk paket memberi makan gajah ini tiket per orang sebesar Rp 50.000. Adapun paket ini di luar tiket masuk menuju candi. Nantinya pengunjung dengan menikmati paket ini akan mendapatkan sekeranjang makanan untuk gajah.

Untuk diketahui di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur ada lima gajah. Kelima gajah ini diberi nama Bona, Zela, Echa, Lisi dan Indra.

Marketing & Sales Vice President PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), Pujo Suwarno mengatakan, TWC senantiasa berkomitmen untuk mewujudkan pariwisata berkualitas (quality tourism).

Salah satu upaya yang dilakukannya dengan membuat Paket Memberi Makan Gajah di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Paket memberi makan gajah ini merupakan aktivitas nyata yang dapat dinikmati pengunjung sebagai hasil interpretive panel relief gajah yang ada di Candi Borobudur.

"Jadi ada korelasinya, ada benang merah antara edukasi relief Candi Borobudur dengan atraksi/aktivitas di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Belajar tentang relief Gajah, disambung dengan aktivitas memberi makan gajah. Ini akan menjadi sebuah pengalaman yang menarik bagi pengunjung," kata Pujo dalam keterangan tertulis yang diterima detikTravel, Selasa (20/7/2021).

Relief gajah yang berada di Candi BorobudurRelief gajah yang berada di Candi Borobudur. Foto: dok. TWC

Menurutnya, pengunjung Candi Borobudur juga dapat berinteraksi dengan gajah-gajah tersebut. Selain itu, pengunjung dapat berbagi kasih sayang dengan fauna gajah, bersama.

"Saat berinteraksi dengan gajah, pengunjung akan mendapatkan story telling dari pawang mengenai kehidupan gajah," tuturnya.

Pujo menambahkan, perihal fauna gajah ini ada nilai-nilai edukasi yang dapat diteladani dari relief Candi Borobudur. Adapun salah satunya cerita Jataka Gajah Agung yang berkisah tentang pengorbanan seekor gajah di padang pasir.

"Relief ini terdapat di sisi selatan Candi Borobudur, Lantai 3/Lorong 1, pagar langkan bagian atas, bidang H di Panil ke 6, 7dan 8," katanya.



Simak Video "Taman Wisata Candi Borobudur Bersiap Dibuka untuk Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA