Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Sep 2021 13:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Spesial Buat Anker! Ini 17 Wisata Sekitar Stasiun Jakarta Kota

Syanti Mustika
detikTravel
Pengguna KRL di Jakarta tentu tak asing dengan Stasiun Jakarta Kota. Banyak hal menarik tentang stasiun yang dulunya dipanggil Stasiun Beos itu lho.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Salah satu stasiun yang ramai saat weekend adalah Stasiun Jakarta Kota. Banyak tempat wisata yang bisa dijangkau dengan jalan kaki di sekitar stasiun lho.

Salah satu cara hemat traveling adalah dengan menjangkau destinasi yang dekat dengan transportasi dan menikmatinya dengan jalan kaki. Salah satunya adalah Stasiun Jakarta Kota yang dekat dengan wisata Kota Tua Jakarta.

detikcom telah merangkum nih, wisata yang ada di dekat-dekat Stasiun Jakarta Kota untuk anak kereta (anker) jelajahi.

1. Museum Fatahillah

Museum ini pada masa Belanda difungsikan sebagai balai kota, pengadilan, kantor catatan sipil, tempat ibadah, hingga tempat Dewan Kotapraja. Baru pada tahun 1968, gedung itu diresmikan sebagai Museum Sejarah Jakarta atau lebih dikenal sebagai Museum Fatahillah.

Di sana dapat melihat bermacam-macam koleksi peninggalan Kerajaan Tarumanegara dan Padjajaran. Selain itu, ada juga furnitur yang digunakan saat Belanda berkuasa. Spot menarik dari Museum Fatahillah adalah penjara bawah tanahnya. Penjara ini menjadi saksi penderitaan para pendahulu kita dalam upaya melawan penjajahan.

Para wisatawan lokal menikmati suasana kota tua di Kawasan Museum Fatahillah, Jakarta Barat, Sabtu (3/4/2021). Menurut data BPS yang dirilis Kamis (1/4/2021) jumlah kunjungan wisman turun 86,59% ketimbang Februari tahun lalu. Salah satu alasannya karena masa pandemi Covid-19. Foto: Ari Saputra

2. Toko Merah

Saat kamu jalan-jalan di Kawasan Kali Besar, Kota Tua Jakarta nanti akan melihat sebuah toko yang mencolok, berwarna merah. Katanya, bangunan ini dulunya merupakan sebuah toko yang dimiliki oleh warga China.

Toko Merah dibangun pada tahun 1730 oleh Gustaaf Willem Baron van Imhoff dengan konsep sebuah rumah yang besar, megah, dan nyaman. Tempat ini difungsikan sebagai gedung serbaguna untuk konferensi dan pameran. Kamu bisa berfoto-foto di depan Toko Merah ini.

Toko Merah di kawasan Kota Tua JakartaToko Merah di kawasan Kota Tua Jakarta Foto: Ari Saputra

3. Cafe Batavia

Setelah lelah berkeliling Kota Tua Jakarta, bisa nih satai dulu di Cafe Batavia yang hadap-hadapan langsung sama Museum Fatahillah. Ragam menu di sini, mulai menu makanan Indonesia hingga barat.

4. Kawasan Kali Besar

Kali Besar sempat viral karena begitu indah dalam jepretan foto. Kawasan yang berada di depan Toko Merah selalu ramai oleh anak muda yang hunting foto. Kali Besar pun sudah rapi dan bersih, hingga nyaman untuk wisatawan.

Kali Besar JakartaKali Besar Jakarta Foto: (Syanti Mustika/detikTravel)

5. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan adalah jembatan tertua di Indonesia. Jembatan ini dibangun pada 1628 oleh pemerintah Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC. Jembatan Kota Intan ini merupakan jembatan gantung. Dari atas jembatan ini kita dapat melihat kantor pabean, ke arah utara.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia jembatan ini berganti nama menjadi Jembatan Kota Intan sesuai dengan nama lokasi. Pada masa awal pembangunannya jembatan ini terletak persis di ujung kubu atau bastion Diamond dari Kastil Batavia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tapak Tilas Bangunan Estetik Bersejarah Stasiun Jakarta Kota"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA