Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Sep 2021 10:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Sekitar Stasiun Pasar Senen, dari Jajan Baju Bekas Branded sampai Nasi Kapau

Syanti Mustika
detikTravel
Jakarta -

Stasiun Pasar Senen tidak hanya lekat dengan pemudik saja. Jika keluar dari stasiun, kamu bisa menemukan tempat-tempat menarik mulai kuliner hingga belanja.

Kamu yang suka berburu baju bekas branded alias thrifting pasti tidak asing dengan Pasar Senin. Pasar yang terkenal di kalangan anak muda dengan barang second branded yang bagus ini tak jauh lokasinya dari Stasiun Pasar Senen.

Ternyata tidak hanya thrifting saja yang bisa dilakukan di luar stasiun.

detikcom telah merangkum tempat-tempat asyik di sekitar Stasiun Pasar Senen yang bisa kamu jelajahi.

1. Thrift Pasar Senen

Kamu yang suka berburu baju bekas branded alias thrifting, Pasar Senen adalah salah satu tempatnya di Jakarta. Banyak pilihan yang bisa kamu temukan, jaket, kemeja, kaus, denim, sepatu, topi, tas semuanya ada hingga sprei dan gorden pun bisa kamu beli thrifting.

Lokasinya berada di Pasar Jaya Senen lantai 3. Satu lantai itu bisa kamu jelajahi menemukan barang-barang thrift dengan harga yang sangat miring. Jangan lupa nawar ya!

Penjual Baju Bekas di Pasar SenenPenjual Baju Bekas di Pasar Senen Foto: Fadhly Fauzi Rachman

2. Belanja di Pasar Senen

Ada juga pusat grosir di Pasar Senen untuk kamu berbelanja. Kamu yang jualan online seperti tas, jam tangan bisa kamu temukan banyak toko di grosiran Pasar Senen.

3. Deretan kuliner Minang dan nasi kapau

Pecinta kuliner Minang bisa juga melepas kuliner di deretan nasi kapau yang enak-enak. Untuk rekomendasinya bisa kamu temukan di internet, banyak ulasan blogger yang bisa kamu pertimbangkan.

Juga ada jajanan khas Minang seperti lamang dan kue-kue basah. Keripik khas Minang juga bisa kamu temukan di sini.

kawasan nasi kapau pasar senenKawasan nasi kapau Pasar Senen Foto: Wian Indrawan/d'Traveler

Wisata Sekitar Stasiun Pasar Senen Selanjutnya Plaza Atrium

4. Plaza Atrium

Plaza Atrium tepat berada di depan Stasiun Pasar Senen. Kamu hanya perlu berjalan beberapa menit untuk ke sana. Pusat perbelanjaan ini menawarkan ragam toko seperti plaza pada umumnya.

5. Aneka toko buku di Pasar Buku Kwitang

Di kawasan yang tak jauh dari Pasar Senen terdapat deretan toko yang menjual beragam buku. Kamu juga bisa berburu ragam buku di kawasan pertokoan yang tidak jauh dari stasiun. Tanya saja ke orang-orang dengan arah Pasar Buku Kwitang.

Di tengah serbuan pasar online, para penjual buku di Kwitang, Jakarta, masih tetap eksis. Biasanya mereka menjual buku-buku yang langka.Di tengah serbuan pasar online, para penjual buku di Kwitang, Jakarta, masih tetap eksis. Biasanya mereka menjual buku-buku yang langka. Foto: Wisnu Heru Luhur

6. Museum Sumpah Pemuda

Kalau kamu ingin, bisa jalan kaki menuju Museum Sumpah Pemuda dari Stasiun pasar Senen. Museum Sumpah Pemuda terletak di Jalan Kramat Raya 106 Jakarta Pusat. Sekitar 1 km lah dari Stasiun Pasar Senen.

Museum ini dulunya juga sempat dijadikan tempat tinggal para pemuda yang berasal dari berbagai daerah di nusantara. Beberapa di antaranya adalah Soegondo Djojopoespito, AK Gani, Johannes Leimena, Katjasungkana dan Mohammad Roem.

Di sini kamu bisa melihat berbagai koleksi seperti naskah asli Sumpah Pemuda dan lagu Indonesia Raya. Di sana juga tersimpan biola milik WR Soepratman yang digunakan untuk memainkan lagu Indonesia Raya untuk pertama kalinya.

7. Coto Makassar Senen Syamsul Daeng Ngawing

salah satu spot kuliner yang juga direkomendasikan di sekitar Stasiun Pasar Senen yaitu Coto Makassar Senen Syamsul Daeng Ngawing. Coto ini sudah sering di-review dan masuk ke dalam deretan kuliner rekomendasi lho. Bahkan coto ini beberapa kali pernah dipesan ke Istana Negara oleh Jusuf Kalla saat menjabat sebagai wakil presiden.

[Gambas:Instagram]



(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA