Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Okt 2021 13:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pesona Penangkaran Rusa Cariu di Bogor nan Memukau

Luthfi Hafidz
detikTravel
Penangkaran Rusa Cariu
Foto: Luthfi Hafidz
Bogor -

Kabupaten Bogor dikenal memiliki banyak wisata alam. Salah satu yang menarik adalah Penangkaran Rusa Cariu.

Penangkaran Rusa ini berada di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Cariu, Kabupaten Bogor. Letaknya yang jauh dari perkotaan membuat tempat ini sangat cocok untuk penangkaran rusa, selain alamnya yang bisa dibilang masih asri juga letak geografisnya juga mendukung menjadikan penangkaran rusa ini mirip seperti habitat asli rusa tersebut.

Sepanjang perjalanan menuju tempat penangkaran, para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan hutan, sawah, dan pepohonan yang masih rimbun dan teduh. Itu juga yang menjadi alasan sekitar daerah tersebut kerap dijadikan salah satu destinasi untuk orang-orang yang memiliki hobi berkemah di alam terbuka.

Sesampainya di penangkaran, para wisatawan akan langsung disambut oleh hijaunya pepohonan yang terhampar luas sejauh mata memandang. Suara burung bersiulan silih berganti, gemercik air terdengar dari aliran Sungai Cibeet yang melintas di sepanjang area konservasi.

Penangkaran Rusa CariuPenangkaran Rusa Cariu. Foto: Luthfi Hafidz

Selanjutnya para wisatawan akan melewati jembatan gantung yang berada di atas Sungai Cibeet, jembatan tersebut juga kerap menjadi salah satu tempat foto favorit di tempat wisata ini. Setelah berjalan melewati jalan yang mayoritas masih beralaskan tanah dan bebatuan, wisatawan pun sampai di area konservasi dengan luas dua hektare dan berisi sekitar lebih kurang 70 ekor rusa.

Banyak sekali kegiatan yang bisa traveler lakukan di sana, salah satunya yaitu memberi makan rusa, memberi makan rusa merupakan hal yang biasa dilakukan jika kita mengunjungi kebun binatang. Tetapi pada wisata penangkaran rusa ini traveler memberi makan rusa langsung tanpa adanya batas atau sekat antara pengunjung dan rusa, juga sensasi yang berbeda karena memberi makan rusa langsung di tempat yang mirip dengan habitat aslinya, dengan hanya mengeluarkan sepuluh ribu rupiah untuk membeli wortel di pedaang yag menjualnya.

Rusa di Wahana Wisata Penangkaran Rusa Cariu terbagi atas tiga spesies. Spesies terbesar tercatat sebagai rusa tutul (Axis). Rusa jenis ini memiliki berat antara 27-45 kilogram. Ciri khasnya adalah tutul berwarna putih pada bulu dominan yang berwarna cokelat kemerahan.

Spesies kedua yang dapat ditemui di Penangkaran Rusa Cariu adalah jenis rusa Jawa. Hewan dengan nama ilmiah Cervus timorensis russa ini memiliki bulu berwarna cokelat serta putih (bagian perut dan ekor). Dibandingkan rusa tutul, rusa Jawa memiliki bobot yang lebih besar yaitu antara 103-155 kilogram.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Siap-siap, Ada Wahana Baru Buat Adrenaline Junkie di Bogor!"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA