Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Okt 2021 06:38 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Nyes Adem! Basah-basahan di Rumede yang Diburu Traveler di Akhir Pekan

Abdy Febriady
detikTravel
Rumede, Polman, Sulbar
Wisata Rumede yang tengah hits di kalangan traveler di Polman. (Abdy Febriady/detikcom)
Polewali Mandar -

Kabupaten Polewali Mandar memiliki kawasan wisata alam yang lagi hits, namanya Rumede. Kawasan wisata ini pas buat bersantai di akhir pekan.

Kawasan wisata Rumede berada di Dusun Rumede, Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi. Jaraknya, sekira 15 kilometer dari pusat pemerintah Kabupaten Polewali Mandar di Sulawesi Barat.

Untuk menjangkau tempat ini tidaklah sulit. Dapat ditempuh baik menggunakan roda dua maupun roda empat, dengan akses jalan yang cukup bagus.

Sesampainya di perkampungan, traveler harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, sejauh lebih kurang 200 meter, melewati kawasan perkebunan hingga areal persawahan, layaknya sedang bertualang.

Rumede, Polman, SulbarRumede, Polman, Sulbar Foto: Abdy Febriady/detikcom



Kawasan wisata ini menawarkan keindahan panorama alam, berupa sungai berbatu dengan aliran airnya yang jernih dan menyejukkan. Aliran sungai berbatu ini berada di antara areal persawahan warga dan hamparan rerumputan hijau yang memanjakan mata. Banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini sebagai lokasi berkemah, tentunya sambil mengabadikan foto-foto yang instagramable.

Banyak juga pepohonan tinggi yang tumbuh subur di sekitar bantaran sungai, membuat para pengunjung tidak perlu takut kepanasan jika sedang berada di dalam sungai.

Selain itu, rata-rata warga yang berkunjung memanfaatkan tempat ini untuk mengasah kesabaran dan keterampilan, dengan menyusun bebatuan sungai dengan teknik rock balancing atau stone balancing.

Batu-batu alam dengan bentuk berbeda-beda, disusun dengan posisi tertentu, tanpa menggunakan perekat maupun alat bantu, sehingga berdiri tegak. Keberadaan puluhan batu bersusun di tengah aliran sungai itu, memberi nuansa tersendiri yang menarik perhatian.

"Seru karena airnya jernih, sejuk juga, berbeda dari tempat-tempat lain. Kita juga bisa seru-seruan susun batu. Sangat alami, recommended jadi tempat wisata akhir pekan, " ujar salah satu pengunjung, Gio kepada wartawan, Sabtu (23/10/2021).

Pengelola kawasan wisata alam rumede, Fadlullah Candong mengungkapkan, nama rumede berasal dari cerita warga, bahwa dulunya di daerah ini pernah ada sumber mata air, layaknya air yang mendidih.


"Ya Rumede itu, saya tanya sama warga, katanya di tengah sawah ini ada air yang seperti mendidih. Dikatakan Dusun Rumede karena lama sebelumnya ada air mendidih di tengah sawah," kata Fadlullah saat dijumpai di lokasi wisata Rumede.

Pria yang akrab disapa Abe ini mengaku ide mengelola kawasan ini menjadi tempat wisata berawal dari ketidaksengajaan saat melakukan survei bersama komunitas pecinta alam.

Rumede, Polman, SulbarRumede, Polman, Sulbar Foto: Abdy Febriady/detikcom



"Awalnya, kemarin bersama teman-teman mau liat lokasi di sini, teman-teman menyampaikan kalau spotnya bagus, saya panggil teman-teman penggiat wisata untuk bantu pengembangannya," kata dia.

Artikel ini berlanjut di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA