Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Okt 2021 10:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tak Hanya Curug, di Bogor Juga Ada Pantai Buatan, Wow Banget!

Luthfi Hafidz
detikTravel
Pantai Wana Griya di Bogor
Foto: Dok Pribadi Azril Shiva / Instagram @frameofnjdrl
Bogor -

Bogor selalu saja tidak kehabisan destinasi wisata untuk para calon wisatawan yang hendak datang. Jika traveler selalu beranggapan bahwa Bogor hanya berisikan tempat wisata yang hanya bertemakan pegunungan, perbukitan, curug, dan semacamnya, maka traveler salah.

Kini hadir tempat wisata di Bogor yang berani berbeda dari biasanya yang dapat menolong jika traveler bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja. Tempat wisata itu adalah Wana Griya, Taman air Wana Griya ini sering juga disebut Pantai Cogreg karena objek wisata utamanya adalah pantai buatan. Lokasinya terletak di Jalan Raya Pahlawan RT 05 RW 07 Cogreg, Parung, Bogor.

Taman wisata ini merupakan tempat wisata yang dapat terbilang baru, karena baru dibuka pada 2018 dan semula tempat ini hanya tempat wisata pemancingan yang masih jarang diketahui oleh para traveler. Tetapi untuk selanjutnya pengelola mengembangkan kembali dengan menghadirkan berbagai wahana terbaru seperti pantai buatan.

Pantai lokal buatan yang berpasir putih ini, seakan-akan serasa di pantai beneran. Anak-anak senang dengan pemainannya sendiri, dan emaknya senang dengan berfoto selfie di jembatan yang melayang di atas pantai. Prasarana yang memadai, kemungkinan lonjakan pengunjung akan terus bertambah.

Pantai Wana Griya di BogorPantai Wana Griya di Bogor. Foto: Dok Pribadi Azril Shiva / Instagram @frameofnjdrl

Rute menuju taman wisata Wana Griya Ciseeng. Untuk rute perjalanan menggunakan GPS sudah bisa ditemukan. Jika traveler dari arah Sawangan maka dari Pertigaan Bojong Sari ambil arah Parung. Dari Parung belok kanan ke Perempatan Ciseeng. Perempatan Ciseeng belok kanan ke arah Tangerang.

Dari perempatan Ciseeng jarak sekitar 1,5 KM ada sebelah kiri. Samping perumahan Bumi Parung Permai (BPP) Estimasi waktu dari Sawangan ke lokasi sekitar 25 menit sampai dengan 30 menit.

Selain itu, apabila traveler dari arah Serpong menuju taman wisata Wana Griya Ciseeng. Patokannya perumahan bumi parung permai, Wana Griya tidak ada papan namanya. Kalau sudah ketemu plang (papan nama) perumahan bumi parung permai, sebelahnya itu gerbangnya yang warna hitam.

Selanjutnya: fasilitas di Pantai Wana Griya

Taman Wisata Wana Griya sendiri terbuka untuk pengunjung setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB.Sementara untuk tiket masuk ke tempat wisata ini traveler akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor.

Traveler juga dapat menyewa perahu bebek untuk 15 menit dibanderol dengan harga Rp 30.000. Namun apabila pengunjung yang menyewa tidak terlalu banyak pengunjung boleh menyewa perahu bebek dengan harga Rp 30.000 dengan waktu yang lebih lama yaitu 30 menit.

Dalam segi keamanan, petugas tidak menyewakan pelampung karena bentuk perahu sendiri cukup tertutup dana man. Namun petugas selalu mewanti-wanti penyewa perahu agar tidak melewati batas yang ditetapkan supaya tidak terbawa arus.

Bagi traveler yang memiliki hobi memancing juga akan dimanjakan dengan tempat pemancingan yang besar dengan indahnya pemandangan sekitar yang tidak akan membuat bosan saat menunggu umpan traveler di lahap oleh ikan. Hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 35.000 maka traveler dapat memancing di kolam yang telah disediakan.

Pantai Wana Griya di BogorPantai Wana Griya di Bogor. Foto: Dok Pribadi Azril Shiva / Instagram @frameofnjdrl

Selain wahana berbayar, ada pula beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung khususnya anak-anak. Wana Griya menyediakan taman bermain gratis dengan fasilitas seperti ayunan, jungkat-jungkit, tempat mewarnai dan masih banyak lagi.

Untuk menjelajahi seluruh area Wana Griya pengunjung juga dapat menyewa scooter ataupun mobil yang dikayuh seperti odong-odong yang biasanya terdapat di pantai.

Setelah mencoba wahana-wahana yang ada, kita bisa mengisi perut dengan mampir ke beberapa warung yang ada di sana. Pada setiap warung terdapat meja dan kursi untuk pelanggan yang datang, meskipun meja terletak di luar ruangan namun kita tidak perlu khawatir terkena terik sinar matahari karena banyaknya pepohonan hijau di sekitar area yang membuat suasana menjadi sejuk.

Traveler yang datang juga harus mematuhi protokol kesehatan karena jika traveler tak memakai masker maka pihak pengelola tidak mengizinkan traveler untuk masuk.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA