Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Okt 2021 11:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kemah "Ditemani" Elang? Bogor Tempatnya

Luthfi Hafidz
detikTravel
Loji Suaka Elang Bogor
Suaka Elang Loji (Luthfi Hafidz/detikcom)
Bogor -

Bogor selalu punya destinasi yang tepat untuk liburan singkat. Kali ini ada Elang Loji Bogor yang cocok sebagai tempat kemping.

Berkemah adalah salah satu kegiatan outdoor yang kini banyak digemari oleh sebagian masyarakat. Terutama masyarakat perkotaan yang ingin merasakan asrinya alam dan sejuknya pepohonan hijau.

Selain itu traveler juga berada di daerah konservasi Burung Elang yang akan membuat traveler merasakan sensasi yang berbeda. Loji Suaka Elang, yang terletak di Kecamatan Cigombong, Bogor, Jawa Barat, menghadirkan itu semua dalam satu kawasan.

Suaka Elang Loji merupakan tempat yang sangat tepat bagi traveler untuk mendirikan tenda, karena alam di sekitarnya dipenuhi oleh pohon pinus yang berjajar dengan rapi. Selain itu juga terdapat sebuah curug yang masih sangat alami.

Sejak bulan Oktober tahun 2020 Loji Suaka Elang sedang mengalami renovasi pengembangan tempat wisata tersebut supaya lebih memikat hati para pengunjung. Namun, tidak ada informasi khusus mengenai ditutup atau tidaknya selama proses renovasi itu.

Sebelum dapat menyaksikan pemandangan yang sangat indah dari jejeran Pohon Pinus traveler harus melakukan trekking terlebih dahulu. Karena kendaraan tidak boleh mendekati area Loji Suaka Elang.

Loji Suaka Elang BogorLoji Suaka Elang Bogor Foto: (Luthfi Hafidz/detikcom)

Setelahnya, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Trekking yang traveler lakkukan akan cukup menguras tenaga dan juga akan membuat tubuh traveler dibasahi dengan air keringat.

Karena jalur yang dilalui dapat dibilang cukup ekstrem karena berupa jalan setapak yang di kanan dan kirinya berupa jurang dan juga jalan yang naik dan turun khas kontur jalan pendakian sebuah gunung yang masih alami.

Meskipun begitu hamparan pepohonan yang indah dan rindang selalu menyemangatimu di sepanjang jalan. Sebelum sampai di area camping Loji Suaka Elang, traveler akan menemukan sebuah pos.

Di pos tersebut traveler diharuskan membayar tiket terlebih dahulu, ketika telah mecapai pos maka tak jauh dari situ traveler akan tiba di Hutan Pinus yang sangat indah yang juga dijadikan sebagai areal kemah.

Pemandangan alam Suaka Elang masih dapat terbilang sangat asri dan alami. Di sekelilingnya masih banyak terdapat pepohonan yang rimbun dan juga rindang. Udara yang sejuk juga masih dapat dirasakan di tempat ini.

Sehingga tempat ini adalah pilihan yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi berwisata kemah bersama orang tercinta. Di sisi lain traveler juga dapat menemui Burung Elang, karena selain tempat wisata, tempat ini juga merupakan sebuah penangkaran Burung Elang.

Menariknya lagi, wisata ini juga menyuguhkan pemandangan air terjun yang luar biasa, yaitu Curug Cibadak. Namun, untuk bisa menuju air terjun tersebut, kamu harus menempuh jarak sekitar 800 meter dari Suaka Elang Loji, dengan berjalan kaki sekitar 1 jam perjalanan.

Loji Suaka Elang BogorLoji Suaka Elang Bogor Foto: (Luthfi Hafidz/detikcom)

Suaka Alam Loji memiliki 4 spesies Elang, yaitu Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), Elang Ular Bido (Spilornis cheela), Elang Hitam (Ictinaetus malaiensis) dan Elang Brontok (Nisaetus cirrhatus).

Kandang ini sering dikunjungi oleh para peneliti, mahasiswa pelajar ataupun umum yang ingin mengetahui lebih jauh tentang keempat jenis raptor tersebut. Selain Suaka Elang, di lokasi terdapat kantor Resort Salak I, yang dilengkapi dengan bangunan dan pelataran kayu terbuka yang dibangun di atas sungai.

Bagi traveler yang memiliki hobi berfoto atau mengabadikan momen-momen, tempat ini sangat tepat karena jika dilihat dari sudut manapun tempat ini akan tetap terlihat cantik dan menawan.

Salah satu spot untuk berfoto yang sangat favorit di Suaka Elang adalah pada jembatan gantung yang membentang panjang, jembatan ini sangat populer di media sosial karena keindahannya. Maka itu tak jarang traveler yang datang justru hanya ingin foto dan penasaran dengan jembatan gantung tersebut.

Seperti halnya Andikha traveler asal Jakarta Timur yang rela berjalan jauh hanya karena ingin membayar rasa penasaran karena melihat foto-foto di media sosial.

"Penasaran sih, soalnya lihat-lihat di Instagram kayaknya bagus gitu, jadi buat buktiin langsung saya dateng deh ke sini," ujar Andikha (9/26/2021).

Wisata ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas umum, mulai dari area parkir, toilet umum, musholla, dan juga kantin. Kamu juga bisa bermalam di sana dengan membawa peralatan camping. Pastinya, akan sangat asyik jika bisa camping di tempat seindah Suaka Elang Loji ini.

Sementara untuk rute perjalanannya dari Bogor kamu bisa langsung mengambil jalur menuju Batu Tulis. Setelah itu kamu tinggal mengikuti jalan sampai menemukan pertigaan Jembatan Besar, dari sana perjalanan dilanjutkan menuju Cijeruk.

Loji Suaka Elang BogorLoji Suaka Elang Bogor Foto: (Luthfi Hafidz/detikcom)

Kemudian ikuti jalan sampai menemukan papan bertuliskan Agro Wisata Warso Farm. Lalu perjalanan dilanjutkan sampai menemukan papan bertuliskan Loji Suaka Elang Bogor. Dari sana kamu tinggal mengikuti jalan sampai tiba di lokasi.

Jika menggunakan mode transportasi umum, dari terminal Baranang Siang, Bogor dapat menggunakan angkutan colt mini jurusan Sukabumi dan jika dari Sukasari dapat menaiki angkutan kota jurusan Cicurug (angkot 02) lalu berhenti di pasar Caringin, dan dilanjutkan dengan menggunakan trasportasi motor (ojek) menuju Perkemahan Suaka Alam Loji.

Tiket masuk dan parkir tempat wisata Loji Suaka Elang Bogor ini yakni:
- Untuk tiket masuk seharga Rp 20.000/orang
- Biaya parkir untuk motor sebesar Rp 30.000 per malam
- Biaya parkir untuk mobil Rp 60.000 per malam

Jam operasional Loji Suaka Elang Bogor buka setiap hari mulai hari Senin sampai dengan hari Minggu. Sedikit tips Jika traveler hendak berkunjung ke sini lebih baik datang di pagi hari dan jangan terlalu malam. Karena tak ada penerangan di sepanjang jalur trekking. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan juga tetap menjaga keasrian dan kebersihan di sekitar area wisata agar tempat ini tetap asri dan juga bersih dari sampah.



Simak Video "Mencicipi Minuman Lezat Berbahan Dasar Rempah Pilihan, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA