Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Nov 2021 22:06 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Kegiatan Seru di Hutan Hujan Sentul, Mulai dari Ngopi sampai Trekking

Putu Intan
detikTravel
Hutan Hujan Sentul menjadi alternatif warga untuk mengisi akhir pekan. Anda akan diajak trekking dengan pemandangan hamparan sawah dan hijaunya Hutan Pinus.
Hutan Hujan Sentul. Foto: Grandyos Zafna
Bogor -

Bosan dengan wisata Bogor yang monoton? Coba deh menikmati kesejukan hutan di Hutan Hujan Sentul.

Hutan Hujan Sentul terletak di Kampung Cigobang, Desa Karang Tengah, Bogor. CO Founder Hutan Hujan Sentul, Erry menjelaskan konsep wisata di sana memang mengajak pengunjung untuk menikmati alam dan berinteraksi dengan masyarakat lokal.

Hal itu terkait juga dengan pengelolaan tempat wisata yang bekerjasama dengan Perhutani sebagai pemilik hutan dan masyarakat desa yang tinggal dan mengelola Hutan Hujan Sentul. Di sana, traveler akan ditemani pemandu lokal untuk menjelajahi Hutan Hutan Sentul.

Jika tertarik datang ke sana, simak dulu nih 7 kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Hutan Hujan Sentul:

1. Forest Walk

Trekking Hutan Hujan SentulForest walk di Hutan Hujan Sentul. Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Forest Walk atau jalan-jalan di hutan merupakan kegiatan unggulan di Hutan Hujan Sentul. Traveler akan diajak menjelajahi hutan bersama pemandu untuk merasakan kesegaran alam.

Kegiatan ini cocok untuk traveler yang ingin healing dari kepenatan. Cukup dengan membayar Rp 175 ribu, traveler sudah mendapatkan kesempatan untuk berjalan selama 2-3 jam di hutan. Harga ini juga sudah termasuk tiket masuk, biaya pemandu, P3K, minuman pembuka, minum, makan siang, dan snack.

2. Trekking ke Goa Garunggang

Goa GarunggangGoa Garunggang. Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Pecinta trekking dapat memilih paket trekking menuju Goa Garunggang. Bedanya dengan forest walk, traveler akan diajak untuk melihat gua purba yang visualnya menakjubkan.

Biaya untuk paket ini adalah Rp 150-190 ribu per orang. Biaya ini sudah termasuk tiket masuk, pemandu, tongkat trekking, minum, P3K, jas hujan, dan makan siang.

3. Menikmati kuliner rumahan di pinggir sawah

Hutan Hujan SentulMakan siang di Hutan Hujan Sentul. Foto: Putu Intan/detikcom

Bagi traveler yang ingin kulineran sambil menikmati alam juga bisa lho. Di Hutan Hujan Sentul ada restoran yang mengusung konsep menjual menu khas masyarakat Kampung Cigobang.

Makanan-makanan yang disajikan di sana merupakan menu sehari-hari yang bakal mengingatkan traveler dengan rumah. Salah satu yang istimewa adalah Nasi Ayam yang disajikan dengan tahu dan tempe goreng serta tumis jantung pisang.

4. Menyeruput kopi di tengah hutan

Hutan Hujan Sentul menjadi alternatif warga untuk mengisi akhir pekan. Anda akan diajak trekking dengan pemandangan hamparan sawah dan hijaunya Hutan Pinus.Hutan Hujan Sentul menjadi alternatif warga untuk mengisi akhir pekan. Anda akan diajak trekking dengan pemandangan hamparan sawah dan hijaunya Hutan Pinus. Foto: Grandyos Zafna

Pecinta kopi juga bakal dimanjakan di Hutan Hujan Sentul. Di sana ada Kedai Bawah Pohon Kopi yang menyajikan kopi khas Cigobang.

Kopi yang dijual di sana diolah dari biji kopi yang ditanam warga Cigobang. Jadi, selain menikmati kopi, traveler juga sudah turut membantu petani kopi lokal.

5. Piknik

Traveler yang ingin quality time dengan suasana berbeda dapat melakukan piknik di tengah Hutan Hujan Sentul. Dengan membayar Rp 85 ribu per orang, traveler sudah mendapatkan kit piknik, set permainan anak, makanan, dan lain-lain.

6. Forest Bike

Suka bersepeda? Traveler bisa menjajal trek sepeda di Hutan Hujan Sentul. Biayanya adalah Rp 100 ribu.

Dengan biaya itu, traveler sudah mendapatkan minum dan makan siang. Tak perlu khawatir dengan fasilitas karena di sana sudah disediakan toilet, tempat penitipan sepeda dan barang serta P3K.

7. Camping

Hutan Hujan Sentul menjadi alternatif warga untuk mengisi akhir pekan. Anda akan diajak trekking dengan pemandangan hamparan sawah dan hijaunya Hutan Pinus.Hutan Hujan Sentul menjadi alternatif warga untuk mengisi akhir pekan. Anda akan diajak trekking dengan pemandangan hamparan sawah dan hijaunya Hutan Pinus. Foto: Grandyos Zafna

Kegiatan yang tak kalah seru di Hutan Hujan Sentul adalah berkemah (camping). Berbeda dengan lokasi camping lainnya, di sana setiap tenda akan didirikan di atas bale. Tujuannya untuk memastikan pengunjung aman dari banjir dan hewan liar.

Untuk paket camping ini, traveler akan dikenakan biaya Rp 175 ribu per orang. Itu sudah termasuk tenda, matras, penerangan, minuman dan makanan pembuka, penjagaan 24 jam, dan tiket masuk.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA