Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 25 Nov 2021 20:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Asyiknya Bermain Air dan Cicipi Berbagai Jajanan di Kali Cibarengkok

Luthfi Hafidz
detikTravel
Asyiknya Bermain Air Dan Menyicipi Berbagai Jajanan Berwisata Gratis Di Wisata Kuliner Kali Cibarengkok
Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)
Bogor -

Dalam sebulan belakangan ada sebuah tempat wisata yang sedang viral nih traveler. Tempatnya menawarkan pemandangan yang indah dan sajian kuliner yang banyak. Jika traveler ke tempat ini juga tidak di pungut biaya, hanya membayar karcis parkir.

Wisata Kuliner Kali Cibarengkok di Desa Cipeucang Kabupaten Bogor menawarkan paket wisata yang sangat lengkap, cocok untuk traveler yang ingin berlibur tetapi dengan budget yang minim.

Asyiknya Bermain Air Dan Menyicipi Berbagai Jajanan Berwisata Gratis Di Wisata Kuliner Kali CibarengkokAsyiknya Bermain Air Dan Menyicipi Berbagai Jajanan Berwisata Gratis Di Wisata Kuliner Kali Cibarengkok Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)

Wisata kuliner Kali Cibarengkok ini memang seperti jet darat yang melesat bagaikan angin karena pesonanya yang bisa langsung membius para wisatawan yang datang maupun calon wisatawan yang hendak akan datang. Jika dilihat di berbagai postingan di media sosial tempat ini sangat cantik dan indah terlihat sehingga sangat menggoda untuk dikunjungi.

Kali Cibarengkok ini memiliki usia yang masih dibilang seumur jagung, karena baru dibuka pada awal bulan November 2021. Meski begitu,bukan berarti wisata ini tidak bisa menjaring banyak wisatawan untuk datang. Menurut pengakuan salah seorang penjual makanan, wisatawan terus berdatangan.

"Di sini sih ramai terus, pas baru dibuka apalagi, warga sekitar dan warga dari luar ramai datang, ya mungkin karena di sekitar sini ga ada tempat wisata, ditambah masuk ke sini juga gratis,", ucap Neli (21/11/2021).

Asyiknya Bermain Air Dan Menyicipi Berbagai Jajanan Berwisata Gratis Di Wisata Kuliner Kali CibarengkokAsyiknya Bermain Air Dan Menyicipi Berbagai Jajanan Berwisata Gratis Di Wisata Kuliner Kali Cibarengkok Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)

Tempat ini berada tidak jauh dari pusat Kabupaten Bogor, hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam berkendara apabila traveler menggunakan motor. Akses jalan menuju ke tempat wisata yang terbilang baik menjadikan tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, karena tidak perlu khawatir dengan jalan yang rusak dan tersasar.

Jika mengikuti titik di google maps, traveler tidak akan dibuat pusing dengan petunjuk arahnya karena titik sangat tepat diletakkan presisi di lokasi wisata. Traveler memiliki dua opsi ketika hendak berkunjung ke tempat ini yaitu melalui tol untuk kendaraan roda empat dan melalui jalan biasa untuk kendaraan roda dua.

Selanjutnya, jika menggunakan sepeda motor

Jika dari arah Bogor dan menggunakan sepeda motor, traveler hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju Jalan Raya Jakarta Bogor ke Terminal Cibinong, lalu berbelok ke kanan ke arah Citeureup.

Traveler hanya tinggal lurus terus sampai n bertemu sebuah pasar Citereup, lalu berbelok ke kiri. Kemudian akan melanjutkan perjalanan di Jalan Raya Gunung Putri. Di sini traveler perlu sedikit berhati-hati karena mengingat kawasan tersebut adalah kawasan industri sehingga banyak truk yang melintas.

Setelah itu, traveler hanya perlu melajukan kendaraan lurus saja kemudian bergabung ke Jalan Raya Wanaherang.

Di sepanjang perjalanan, traveler akan disuguhkan berbagai pemandangan yang indah, di kanan dan kiri jalan yang akan membuat perjalan traveler menjadi semakin berwarna karena dihiasi oleh ladang rumput dan juga pepohonan yang berjejer di sepajang jalan.

Setelah itu traveler berbelok ke kiri ketika menemui sebuah persimpangan besar untuk bergabung ke Jalan Raya Jonggol, hanya perlu mengikuti jalan saja dan rute ini adalah rute yang sama dengan Taman Buah Mekarsari, ketika telah menemui tempat tersebut maka Wisata Kali Cibarengkok sudah tidak jauh lagi sekitar 15 menit dari Taman Buah Mekarsari.

Setelah itu, tempat wisata ini akan ada di sebelah kanan jalan. Tak perlu khawatir, karena pada pintu masuk terdapat papan petunjuk yang besar dan juga ada beberapa petugas yang berjaga untuk mengarahkan traveler.

Jika traveler berasal dari Jakarta dan menggunakan kendaraan roda empat, maka ada rute yang lebih cepat. Traveler bisa melewati tol Jagorawi dan keluar di pintu Tol Cibubur lalu arahkan kendaraan Anda ke Cileungsi.

Sekitar 13 KM dari pintu tol, traveler akan menemukan pintu gerbang Taman Buah Mekarsari di sebelah kanan. Ketika telah menemui tempat tersebut maka Wisata Kali Cibarengkok sudah tidak jauh lagi sekitar 15 menit dari Taman Buah Mekarsari. Setelah itu tempat wisata ini akan ada di sebelah kanan jalan.

Lebih pastinya Wisata Kuliner Kali Cibarengkok beralamat di Kampung. Cibarengkok Rt.04/02, Desa Cipeucang, Bogor, Jawa Barat.

Traveler hanya perlu memasukan alamat tersebut di ponsel traveler maka akan langsung diarahkan ke tempat wisata dengan tepat. Ketika sampai di depan sebuah pintu masuk wisata ini maka suasana khas pedesaan akan sangat kental dirasakan oleh traveler yang datang.

Traveler akan sedikit kebingungan karena jika datang ke tempat ini maka traveler tidak akan dikenakan biaya masuk, traveler hanya dikenakan biaya parkir saja Rp. 3.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil, sangat murah bukan?

Jangan khawatir juga dengan lahan parkir, karena tempat ini memiliki lahan parkir yang sangat luas, yang bisa menampung ratusan kendaraan wisatawan yang datang.

Selanjutnya, aliran air sungai yang segar

Setelah memarkirkan kendaraan maka traveler akan langsung gemercik air dari aliran sungai Cibarengkok yang segar maka seakan memanggil-manggil traveler untuk segera menyeburkan diri. Tersedia juga banyak saung-saung untuk traveler menaruh barang bawaan dan juga untuk menatap jajanan yang dijual oleh pedagang sekitar yang ramai berjejer di sepanjang area wisata.

"Tujuan dari pembuatan wisata ini adalah untuk menghindarkan para remaja generasi muda dari kegiatan negatif, jadi ya dibuatkan lah tempat wisata warga bisa dagang di sini jadi punya penghasilan tambahan," ujar salah satu pengelola wisata, Khobir (21/11/2021).

Wisata ini dibuat dan dikembangkan oleh seseorang yang dituakan di daerah tersebut atau biasa dibilang "sesepuh", orang tersebut juga orang yang sama yang memiliki Yayasan Pesantren Al-Hasaniah yang tepat berada di depan tempat wisata ini, "Ayah" adalah sapaan akrabnya seseorang yang menurut warga sekitar punya pengaruh yang sangat besar dalam pengembangan di desa tersebut dan aktif memberi sumbangsih baik dari sisi lahir dan batin.

Jika traveler berkunjung ke tempat ini, tidak perlu khawatir kelaparan, karena di tempat ini memiliki banyak sekali penjual makanan dan minuman yang tentunya ramah di kantong.

Asyiknya Bermain Air Dan Menyicipi Berbagai Jajanan Berwisata Gratis Di Wisata Kuliner Kali CibarengkokAsyiknya Bermain Air Dan Menyicipi Berbagai Jajanan Berwisata Gratis Di Wisata Kuliner Kali Cibarengkok Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)

Mulai dari bakso, mie ayam, ketoprak, nasi dengan lauk pauk, kwetiaw hingga jajanan barat seperti burger dan sosis bakar juga ada, dan ditemani dengan minuman es seperti es kelapa, es sachet dan juga es cendol dan beragam lainnya yang ramah dikantong.

Wisata ini buka setiap hari dari pukul 08:00 - 21:00 WIB , pastikan ketika anda datang cuaca sedang cerah karena ketika hujan berbahaya untuk berenang, selain itu bagi traveler yang membawa anak kecil harap memperhatikan ketika sedang berenang di area kolam, dan juga traveler jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan yang ada.



Simak Video "Jalan-jalan ke Bogor Fruit Garden, Cocok untuk Liburan Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA