Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Des 2021 06:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Kuliner Nasi Jamblang Bu Nur di Cirebon, Rasanya Juara!

nasi jamblang
Foto: Nasi Jamblang Ibu Nur di Cirebon (Arief Kas/d'Traveler)
Cirebon -

Soal kuliner khas, Cirebon jagonya. Ada nasi jamblang yang harus dicoba. Dari banyak tempat yang direkomendasikan, Nasi Jamblang Ibu Nur rasanya juara banget!

Nasi jamblang biasanya dibungkus dengan daun jati dalam porsi kecil yang cukup untuk sekali makan. Biasanya nasi jamblang dimakan bersama dengan aneka lauk masakan rumahan.

Mulai dari goreng-gorengan seperti ayam, tahu, tempe, paru, telur sampai yang ada kuahnya seperti semur. Ada juga pilihan seafood, dari aneka pepes hingga tumis cumi hitam yang sedap.

Dari sekian banyak tempat buat makan nasi jamblang, Nasi Jamblang Ibu Nur masih tetap jadi pilihan terbaik. Rasanya begitu melekat di indra perasa. Seperti sedang makan makanan yang dimasak oleh keluarga di rumah.

detikTravel mampir ke warung Nasi Jamblang Ibu Nur saat jam makan siang. Alamatnya berada di Jalan Cangkring 2 No 34, Kejaksan, Cirebon. Lokasinya memang agak masuk dari jalan utama, namun tersedia tempat parkir untuk mobil yang cukup luas.

Masuk ke dalam warung, sudah tampak antrean pengunjung. Suasana warung tetap ramai meski pandemi. Mereka terlihat tertib menunggu giliran untuk memilih lauk yang akan dimakan siang itu.

Seperti biasa, sistem pemesanan secara prasmanan berlaku di sini. Pegawai warung akan memberikan kita sepiring nasi jamblang polos dengan alas daun jati. Sisanya, traveler silakan pilih sendiri lauk yang diinginkan.

Nasi Jamblang Ibu NurNasi Jamblang Ibu Nur Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Siang itu saya memilih oseng cumi hitam, pepes rajungan, tumis oncom dan bakwan jagung. Tak lupa sambal merahnya yang cukup pedas tapi sedap itu.

Begitu masuk ke dalam mulut, kombinasi rasa antar lauk dipadu dengan pedasnya sambal amatlah sedap. Gurih, asin, manis, pedas semuanya terasa pas di lidah. Tidak ada yang berlebihan. Juara!

Untuk seporsi nasi jamblang, harganya berkisar antara Rp 20-50 ribuan, tergantung lauk yang dipilih. Makin banyak dan mahal lauk yang dipilih, maka harganya makin mahal pula.

Sedikit tips, jangan lapar mata ya traveler begitu melihat aneka lauk yang menggoda. Pilih yang benar-benar disuka saja, jangan sampai malah mubazir dan tidak dimakan. Selamat mencoba!



Simak Video "Menikmati Lezatnya Menu Mewah Dari Italia, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA