Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Des 2021 08:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Tempat Wisata di Jambi, dari Danau Kaca Hingga Rawa Tertinggi di Indonesia

Tim detikcom
detikTravel
Danau berwarna biru di kaki Gunung Kerinci, Jambi
Foto: Danau Kaco di Jambi (Juli Juhendi/d'Traveler)
Jambi -

Jambi menyimpan pesona wisata alam dan religi yang asyik untuk dikunjungi. Berikut 5 tempat wisata di Jambi untuk menyambut libur Tahun Baru 2022. Apa saja ya?

Bicara tentang tempat wisata di Jambi, tak bisa lepas dari keberadaan Gunung Kerinci. Gunung tertinggi di pulau Sumatera itu memberikan kesejukan dan pemandangan alam yang memukau buat wisatawan yang liburan ke Jambi.

Selain gunung Kerinci, masih banyak lagi tempat wisata di Jambi yang menarik dikunjungi. Dirangkum detikTravel, Selasa (28/12/2021), inilah 5 tempat wisata di Jambi itu:

1. Perkebunan Teh Kayu Aro

Jambi punya Perkebunan Teh Kayu Aro yang merupakan kebun teh terluas di Indonesia dan tertinggi kedua di dunia. Cita rasa teh yang dihasilkan di sini tentu saja terbaik di Indonesia.

Jika berkendara dari Sungai Penuh menuju Kayu Aro maka setelah melewati Siulak, traveler bisa menyaksikan bentangan panorama kebun teh yang hijau sepanjang jalan yang menyejukkan mata. Itu sangat membuat mata rileks.

Apalagi ketika langit sedang cerah, maka akan menyajikan mozaik pemandangan yang menakjubkan. Selain kebun teh, daerah Kayu Aro juga memiliki kopi yang khas.

Kopi di ini telah diolah secara profesional, bahkan di beberapa tempat kopi, pengunjung bisa melihat langsung menyaksikan proses pengolahan kopi dari awal.

Berkunjung ke Kayu Aro sudah tidak perlu repot lagi mencari penginapan, karena sekarang sudah cukup banyak penginapan. Hampir semuanya menyajikan pemandangan Gunung Kerinci yang mewah.

2. Air Terjun Sigerincing

Jambi punya air terjun Sigerincing yang menyejukkan. Air terjun ini terletak di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi.

Dari Kota Jambi, perjalanan jalur darat bisa ditempuh selama lebih dari 2 jam. Jalannya yang berkelok seperti ular menghalangi kami memacu kendaraan.

makassar.terkini.idAir terjun Sigerincing Foto: detik

Air terjun Sigerincing yang jernih bak kaca tak tersentuh debu terasa amat sejuk. Hawa di sekeliling sangat menyegarkan paru-paru. Sigerincing memang sempurna untuk menghilangkan penatnya suasana kota serta sesaknya beban kerja.

Bebatuan besar yang menghitam membuat aliran air Sigerincing berundak-undak. Panorama di sekeliling Sigerincing amat hijau, seperti taman nirwana yang menjulur dari langit.

Selanjutnya: Danau Sebening Kaca

3. Danau Kaco

Danau Kaco di Jambi dikenal akan keindahannya yang bagai di negeri dongeng. Kaco sendiri artinya adalah kaca. Sesuai dengan namanya, airnya tampak berwarna biru dan begitu jernih, tampak transparan bagaikan kaca.

Ikan-ikan yang berenang di dalam danau pun terlihat dari atas. Cantik bukan main!

Ada lagi keunikan danau ini. Tak hanya airnya yang begitu jernih, kabarnya di kala malam Danau Kaco memancarkan cahaya terang. Pancaran cahayanya makin terang di malam bulan purnama.

Asal-usul cahaya terang itu pun masih simpang siur. Bahkan ada sejumlah mitos beredar, seperti tentang kisah Raja Gagak dan putrinya yang rupawan.

Dari Kota Jambi, traveler bisa berkendara dulu ke Kota Sungai Penuh via jalur darat sekitar 10 jam. Lalu dilanjut ke Desa Lempur dengan perjalanan kurang dari 1 jam. Nah setelah itu masih harus dilanjut dengan trekking menyusuri hutan sampai ke danau sekitar 3 jam.

Perjalanan selama itu akan sebanding dengan pemandangan spektakuler Danau Kaco yang akan traveler lihat. Sesampainya di Danau Kaco kamu bisa kemping, foto-foto ataupun berenang.

4. Rawa Bento

Rawa Bento merupakan sebuah rawa yang berada dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan saat ini menjadi salah satu salah satu objek wisata yang sedang viral di kalangan masyarakat Jambi.

Rawa Bento terletak di Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Dapat ditempuh dari Kota Sungai Penuh dengan estimasi perjalanan sekitar 1,5 jam.

Rawa Bento berada pada ketinggian lebih dari 1.300 meter di atas permukaan laut dan merupakan rawa tertinggi di Indonesia yang dipenuhi air tawar dan menjadi habitat burung migran.

5. Masjid Seribu Tiang

Selain wisata alam, Jambi juga punya wisata religi. Traveler bisa singgah ke masjid yang berjuluk masjid seribu tiang di jantung kota Jambi

Apalagi kalau bukan asjid Agung Al-Falah. Masjid ini berada di Jalan Sultan Thaha Syaifuddin No 60, Kecamatan Legok, Jambi. Meski mendapatkan julukan masjid seribu tiang, namun sejatinya jumlah tiangnya tidaklah sebanyak itu.

Masjid Terbesar di Jambi, Masjid Seribu TiangMasjid Terbesar di Jambi, Masjid Seribu Tiang Foto: (dok Simas Kemenag)

Masjid Agung Al Falah memiliki jumlah tiang sebanyak 232 tiang. Proses pembangunan masjid ini baru dimulai tahun 1971 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 29 September 1980.

Masjid kebanggaan warga Jambi ini berdiri di atas lahan seluas lebih dari 26.890 meter persegi atau lebih dari 2,7 hektare. Adapun, luas bangunan masjid adalah 6.400 meter persegi dengan ukuran 80 meter x 80 meter. Masjid ini mampu menampung 10 ribu jamaah sekaligus.

Sekarang, masjid kebanggaan Jambi ini menjadi salah satu destinasi favorit dan selalu ramai dikunjungi. Tidak hanya untuk beribadah, namun juga ada wisatawan yang berfoto di masjid megah ini.

(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA