Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 22 Jun 2022 20:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ingin Liburan ke Nusa Penida Tanpa Ribet? Pakai Saja Jasa Tur

Syanti Mustika
detikTravel
Tur ke Nusa Penida
Klingking Beach di Nusa Penida (Syanti/detikcom)
Jakarta -

Salah satu keindahan Bali yang harus dikunjungi adalah Nusa Penida. Pulau ini punya segudang keindahan yang tidak boleh dilewatkan saat liburan ke Bali.

Kamu pasti sering mendengar tentang Pantai Kelingking, Broken Beach, hingga Rumah Lima yang instagramable kan? Semua itu ada di Nusa Penida, lho. Untuk menuju ke sini kamu harus menyeberang dulu dengan speadboat.

Setelah sampai kamu juga bisa menyewa motor atau mobil untuk berkeliling Nusa Penida seharian. Namun satu hal yang perlu kamu pertimbangkan, beberapa titik di Nusa Penida susah mendapatkan jaringan.

detikTravel punya solusi nih untuk kamu yang membawa keluarga atau hanya berdua dengan sahabat atau pasanganmu ke Nusa Penida dan buta dengan jalan. Pakailah jasa tur di Nusa Penida.

Suasana Bali terbaruPelabuhan Nusa Penida Foto: (Syanti/detikcom)

Harga tur Nusa Penida

Harga untuk tur di Nusa Penida sangat beragam. Semakin ramai jumlah kelompok mu semakin murah karena bisa patungan. Adapun harganya dimulai dari Rp 300 ribuan- jutaan. Tergantung dari paket yang kamu inginkan.

Beberapa waktu lalu detikTravel mencoba menggunakan tur untuk menikmati Nusa Penida. Setelah mencari dan bertanya-tanya melalui sosial media kami menyimpulkan bahwa harga paketnya mulai dari paketan 2 pax.

Berhubung kami ingin snorkling, kami mengambil paket tur + snorkling. Berikut detikTravel paparkan pilihan paket yang sempat kami tanyakan.

One Day Trip Nusa Penida

Paket senorkeling & tour bagian barat
- manta bay
- Crystal bay
- Gamat bay
- Wall bay
- klingking beach
- broken beach & angels billabong

Paket snorkeling & tour bagian timur
- manta bay
- Crystal bay
- Gamat bay
- Wall bay
- Diamond beach

Harga snorkeling mix tour island
- 2 pax IDR 550K/ orang
- 3 pax IDR 500K/ orang
- 4 pax IDR 475K/ orang
- 5 pax IDR 450K/ orang
- 6 pax IDR 415K/ orang

Jika traveler memilih paket di atas, harganya sudah termasuk tiket boat PP Sanur-Nusa Penida, boat snorkeling (sharing), asuransi penyeberangan, welcome drink, makan siang, Mobil full AC (termasuk BBM), driver merangkap pemandu, tiket parkir, tiket masuk destinasi, handuk, alat snorkeling, pemandu snorkeling dan foto dokumentasi saat snorkeling.

Jadi traveler bisa memilih ingin paket tur bagian barat atau bagian timur. Bagi traveler yang tidak ingin snorkeling juga bisa kok memilih paket tanpa snorkeling. Dan juga kita bisa memilih ingin tur yang seperti apa. Silahkan bicarakan saja dengan tur nya ya. Kami pun mengambil paket snorkeling dengan tur bagian barat.

Tur ke Nusa PenidaSnorkling di Manta Point Foto: (Syanti/detikcom)


Suasana tur snorkling di Nusa Penida

Setelah sampai di Nusa Penida, kami pun langsung menuju stand snorkeling Nusa Penida dan mendaftarkan nama. Berhubung kamu sudah diurus semuanya oleh tur, tidak ada lagi pengeluaran untuk membayar aktifitas. Kami hanya perlu membayar uang restribusi masuk ke Nusa Penida sebesar Rp 25 ribu.

Namun bila kamu ingin pergi tanpa tur, biaya untuk paket snorkling di Nusa Penida mulai dari Rp 200 ribu. Dan biaya untuk speeadboat dari Sanur ke Nusa Penida Rp 100 ribu (sekali jalan).

Kemudian kami naik kapal menuju titik-titk snorkling di Nusa Peinda. Pertama, kami ke Manta Point. Sesuai dengan namanya, di sini kamu bisa bertemu dengan manta dan berenang bersama lho. Namun perlu diperhatikan, bahwa terkadang banyak wsiatawan yang kurang beruntung tidak bertemu dengan manta.

Tur ke Nusa PenidaManta Point Foto: (Syanti/detikcom)

Namun, keberuntungan berpihak kepada kami karena baru saja sampai di titik snorkling terlihat 2 ekor manta berenang ke sana kemarin. Terlihat puluhan wisatawan telah mengambang di laut berburu melihat ikan ini dari dekat.

"Tolong jangan disentuh ikannya ya. Usahakan jangan berenang terlalu dekat, jaga jarak setidaknya 2 meter dari manta," kata guide yang menemani kami.

Setelah puas berenang di Manta Point, kami lanjut ke Crystal bay dengan coral yang warna-warni. Dan dilanjutkan dengan ke Wall Bay. Setelah itu kami langsung balik ke dermaga.

Lanjut tur di darat

Setelah tur snorkling sekitar 3 jam, kami pun lanjut menikmati tur darat menuju Broken Beach & Angels Billabong. Perjalanan dengan mobil sekitar 45 menit.

Cuaca siang itu cukup panas. Namun itu tidak menghambat semangat para wisatawan untuk menjelajah indahnya spot wisata di Nusa Penida. Sesampainya di Broken Beach & Angels Billabong, terlihat puluhan wisatawan yang asyik berfoto-foto ria tanpa terganggu cuaca panas.

Tur ke Nusa PenidaBroken Beach di Nusa Penida Foto: (Syanti/detikcom)

Saran kami, selalu siapkan topi, air minum dan uang cash ya. Karena cuaca sangat terik dan jangan lupa memakai sunblock. Oh ya, kamu perlu tahu juga untuk toilet umum di Nusa Penida berbayar Rp 5.000. Inilah salah satu kegunaan uang cash, membayar retribusi toilet umum.

Selanjutnya kami menuju restoran untuk makan siang dan rehat sejenak. Tepat jam 14.30 Wita kami pun lanjut menuju Klingking Beach yang terkenal dengan 'T-Rex' nya.

"Tidak ada uang karcis, di sini hanya perlu membayar parkiran saja," kata Ketut, driver yang menemani kami saat sampai di Klingking Beach.

Sesampai di lokasi, kami cukup terkejut karena ramai sekali wisatawan yang berburu foto di sini. Bahkan, di sini juga ada spot foto berbayar Rp 5.000 lho.

Tur ke Nusa PenidaPantai Klingking di Nusa Penida Foto: (Syanti/detikcom)

Sekitar 20 menit kami di Klingking Beach, kami langsung menuju ke Pelabuhan untuk bersiap-siap balik ke Sanur. Perjalanan menuju pelabuhan sekitar 45 menit.

"Saya takut nanti kita terjebak macet jika terlalu lama di Klingking Beach. Soalnya semua orang juga mengejar penyeberangan pada jam 16.30 kan. Dari pada kita nanti terjebak macet dan ketinggalan kapal, agak cepat saja ya Kak kita ke pelabuhan," ujar Ketut. Kami pun mengiyakan.

Setelah check in untuk penyeberangan, sekitar jam 16.40 WIB kapal kami pun berangkat menuju ke Pelabuhan Sanur. Itulah rangkaian tur yang kami nikmati di Nusa Penida menggunakan jasa tur.

(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA