Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Nov 2016 12:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menengok Taman Buaya di Bekasi, antara Penangkaran dan Atraksi

Inaya Maimun Kanathania
Redaksi Travel
Buaya yang tengah berjemur (Inaya/detikTravel)
Buaya yang tengah berjemur (Inaya/detikTravel)
Bekasi - Taman Buaya Indonesia Jaya di Bekasi mungkin tak terlalu populer sebagai tempat wisata. Padahal, di sana terdapat penangkaran buaya lengkap dengan atraksinya.

Taman Buaya terletak di Jl Raya Serang, Cibarusah KM 3, Serang Baru, Bekasi, Jawa Barat. Sehari-hari, taman ini bukan pada pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Menurut petugas taman, Warsidi, ada 500 buaya di taman yang didirikan pada tahun 1991 ini. Ada buaya muara sumatera yang berjumlah 423 ekor, buaya kalimantan (moncong panjang) sekitar 30 ekor, buaya irian (warna kulitnya hitam) ada 2 ekor, dan buaya albino sekitar 2 ekor yang terpisah di 4 kolam

"Buaya di sini dikembangbiakan dan atraksi," kata Warsidi kepada detikTravel beberapa waktu lalu.

Buaya di kolam (Inaya/detikTravel)Buaya di kolam (Inaya/detikTravel)
Atraksi buaya biasanya dilakukan di hari libur. Kadang dalam sebulan hanya 2 kali. Bentuk atraksi di antaranya pawang tidur di punggung buaya, kepala pawang masuk ke kepala buaya.

"Buaya atraksi berjumlah 13 ekor. Selain itu juga ada atraksi ular sanca sebagai tambahannya," kata Warsidi yang bertugas mengurus buaya bersama 3 rekannya.

Pernah ada kejadian buruk dalam atraksi? "Alhamdulillah nggak ada. Kita buat pagar sehingga pengunjung aman," jelasnya.

Untuk pengembangbiakkan, Warsidi menjelaskan, tempat penetasan telur buaya yang berusia di bawah 15 tahun akan dibawa ke daerah Tangerang. Setelah itu akan dibawa lagi ke taman untuk dirawat & dikembangbiakan. Buaya juga bisa hidup seperti dinosaurus (sekitar hampir 100 tahun). Nah di taman ini, buaya paling tua berusia 55 tahun dan yang paling muda berusia 15 tahun.

Telur buaya (Inaya/detikTravel)Telur buaya (Inaya/detikTravel)
Pengunjung, kata Warsidi, tak terlampau banyak. Pada hari biasa kadang hanya 10 orang. Weekend, jumlahnya bertambah. Bisa sampai 100-200 orang.

"Padahal dulu ramai, karena jumlah buaya ribuan," tutupnya.

Anda tertarik datang?

Taman buaya ini berada di sisi kanan jalan dari arah Cikarang (Inaya/detikTravel)Taman buaya ini berada di sisi kanan jalan dari arah Cikarang (Inaya/detikTravel)



(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED