Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Feb 2017 08:21 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Aih, Cantiknya Batik Melayu Khas Riau di Pekanbaru

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Foto: Kain batik dengan motif khas Riau (Wahyu/detikTravel)
Foto: Kain batik dengan motif khas Riau (Wahyu/detikTravel)
Pekanbaru - Riau ternyata memiliki batik dengan motif khas Melayu. Traveler bisa mencarinya akhir pekan ini di Galeri Batik Tabir Riau Rani, Pekanbaru. Yuk, lihat!

Kerajinan Batik ternyata tak hanya menjadi milik Solo, Yogyakarta, atau pun Pekalongan saja. Banyak daerah lain di Indonesia yang punya kerajinan batik serupa. Seperti contohnya Riau yang ternyata memiliki kerajinan kain batik Tabir Riau.

Tempat untuk melihat dan berbelanja kerajinan kain batik ini ada di Galeri Batik Tabir Riau Rani yang terletak di Jalan Hang Tuah No 70 B, Pekanbaru, Riau. Tak sulit menemukan galeri batik satu ini.

detikTravel berkunjung ke Galeri Batik Tabir Riau Rani, pada pekan lalu sewaktu mengikuti agenda Famtrip Pesonna Hotel Pekanbaru. Saat detikTravel berkunjung suasana galeri cukup sepi, karena waktu sudah menunjukkan pukul 16.00 WIB sore.

Galeri Batik Tabir Riau Rani di Pekanbaru (Wahyu/detikTravel)Galeri Batik Tabir Riau Rani di Pekanbaru (Wahyu/detikTravel)


Galeri Batik Rani ini menyimpan aneka koleksi kain batik dengan motif khas Riau. Nana, salah satu penjaga toko pun menjelaskan tentang motif kain batik khas Riau ini.

"Batik khas Riau itu punya motif yang khas. Biasanya dari tumbuh-tumbuhan. Ada bunga kiambang, bunga kesumba, dan bunga jambu air," ungkap Nana.

Kain batik dengan motif khas Riau (Wahyu/detikTravel)Kain batik dengan motif khas Riau (Wahyu/detikTravel)

Yang lebih khas lagi dari Batik Tabir Riau ini adalah tabirnya yang bergaris-garis (vertikal) atau menyimpang (diagonal), dan tidak boleh melintang (horizontal). Menurut Nana, ini mengandung filosofi hidup tersendiri.

"Kenapa nggak boleh melintang, karena kalau ibarat jatuh nggak bisa bangun lagi. Kalau lurus, hidupnya nanti bertuah," jelas Nana.

Dari segi warna, batik motif Riau ini pun menarik. Dengan menggunakan warna-warna yang cerah, seperti biru, merah dan kuning, batik khas Riau ini tampak elegan dipakai, baik untuk pria maupun wanita.

Warna batik Riau ini cerah dan menarik (Wahyu/detikTravel)Warna batik Riau ini cerah dan menarik (Wahyu/detikTravel)

Untuk harganya sendiri, kain batik khas Riau ini sangat variatif. Mulai dari yang paling murah sekitar 245 ribu, sampai yang paling mahal berkisar Rp 6 juta per lembarnya. Untuk yang sudah berbentuk kemeja, ataupun dress harganya mulai dari Rp 300 ribu, hingga jutaan rupiah.

Traveler yang ingin membawa pulang oleh-oleh selain makanan dari Pekanbaru, sepertinya bisa memilih batik Tabir Riau ini. Bisa dipastikan keluarga atau rekan kerja yang dibelikan akan senang dengan pilihan traveler. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED