Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau


Jumat, 17 Mar 2017 18:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Keliling Pulau Jawa 7 Hari Ala Traveler Inggris

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Alas Purwo, Banyuwangi (Budi Sugiharto/detikTravel)
Alas Purwo, Banyuwangi (Budi Sugiharto/detikTravel)
Jakarta - Seorang traveler wanita asal London, Inggris telah mengelilingi Pulau Jawa. Dalam perjalanannya itu, ia menghabiskan waktu selama tujuh hari.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, Jumat (17/3/2017), ia bernama Nicole Canning. Seorang penulis lepas di sebuah surat kabar seperti The Huffington Post dan merupakan pendiri dari blog petualangan 'The Two Scoops [dot] com' bersama temannya Sarah Gibbons.

Selama di Indonesia, ia diketahui tak hanya berkeliling Jawa. Ia telah mengunjungi beberapa destinasi wisata yang lainnya, seperti di Pulau Bali dan Lombok hingga Pulau Komodo.
Keliling Pulau Jawa 7 Hari Ala Traveler Inggris Nicole Canning (dok. Twitter/@nikkicanning)

Kata Nikki, "Pulau Jawa adalah tempat berpadunya antara alam liar, gunung berapi aktif, pantai indah, dan budaya yang amat kental. Semua itu melebur menjadi satu menjadi destinasi wisata yang luar biasa".

"Aku menghabiskan waktu seminggu. Saya kemudian sadar bahwa Pulau Jawa adalah pusat budaya asli Indonesia, kegiatan outdoor yang dikemas dengan baik, dan pemandangan paling indah di dunia," imbuh dia.

Berikut ini kisah Nikki berkeliling Pulau Jawa dalam 7 hari.
Keliling Pulau Jawa 7 Hari Ala Traveler Inggris Museum Gajah (Ari Saputra/detikTravel)

Hari Pertama

Tiba di Jakarta. Perjalanan dimulai dengan berbaur kemacetan dan hiruk pikuk kota lalu meninggalkan barang Anda di hotel juga melawan jet lag. Lalu, Anda dapat mengunjungi Lapangan Merdeka, karena sebagai simbol kemerdekaan negara.

Selanjutnya berkunjunglah ke Museum Nasional. Museum ini memiliki nama lain Museum Ganesha atau Gajah. Tempat ini akan memeberikan wawasan baru bagi orang luar untuk memulai wisata pendidikan dan mengenal budaya dari Indonesia.

Di penghujung hari pertama, berkunjulah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata. Kata Nikki, taman ini adalah tempat yang indah dan tenang di tengah-tengah keramaian Jakarta.
Keliling Pulau Jawa 7 Hari Ala Traveler Inggris Candi Borobudur (Faya/detikTravel)

Hari ke-2 dan 3

Pada hari yang kedua, Nikki sudah berpindah kota, yakni di Yogyakarta. Ia menyebut kota ini sebagai inti dari kebudayaan Jawa.

Yogyakarta dikatakannya memiliki pertumbuhan penduduk yang sama antara turis dan warga lokal dan Yogya memiliki kota kembaran, yakni Surakarta.

Selama di Yogyakarta, Nikki berkeliling di destinasi-destinasi yang tak jauh dari Keraton Yogyakarta. Dalam penjelajahannya, ia menaiki becak hingga delman untuk mencapai destinasi wisata di sekitar kota.
Keliling Pulau Jawa 7 Hari Ala Traveler Inggris Jalan Malioboro (Faya/detikTravel)

Tak hanya itu, ia berkunjung ke dua candi terbesar di Indonesia bahkan dunia, yakni Borobudur dan Prambanan. Namun, sepertinya ia belum tahu persis bahwa kedua candi itu letaknya ada di Jawa Tengah. Di Borobudur, ia sempat mencoba mitos untuk menggapai tangan Budha yang di batasi oleh batu.

Tak lupa dengan wisata malam di Yogyakarta, Nikki menganjurkan untuk melihat Tari Ramayana yang legendaris. Tarian ini sendiri digelar di komplek Candi Prambanan.
Keliling Pulau Jawa 7 Hari Ala Traveler Inggris Kawah Ijen (andikset/d'Traveler)

Hari ke-4 sampai 6

Memasuki hari keempat, Nikki telah sampai di Banyuwangi. Ia menyebut bahwa Banyuwangi adalah gerbang penjelajahan alam liar di Indonesia.

Hal itu dikarenakan kunjungannya ke Kawah Ijen. Di gunung berapi dengan ketinggian 2.368 mdpl ini, ia ingin melihat cahaya biru hasil dari pembakaran sulfur di kawasan tambang.

Ia mendaki Kawah Ijen pada tengah malam dan memerlukan waktu selama enam jam lamanya. Rasa lelah yang menerpa tak sampai membuatnya lupa untuk menghormati para warga atau penambang lokal. Kata dia, pemandangan di sana amatlah indah saat matahari mulai menampakkan dirinya.

Tak hanya ke Kawah Ijen, Nikki juga sempat menjajal selnacar di G-Land, Pantai Plengkung. Pantai ini sendiri terletak di dalam Taman Nasional Alas Purwo. Perjalanan selanjutnya adalah ke Sabana Sadengan untuk melihat banteng, rusa, dan burung merak. Ia mengakhiri hari di Banyuwangi dengan mencoba snorkeling di Bangsring.
Keliling Pulau Jawa 7 Hari Ala Traveler Inggris Pantai Plengkung (Budi Sugiharto/detikTravel)

Hari ke-7

Pada hari terakhir di Jawa, Nikki mengemas barangnya dan kembali ke rumah atau negaranya. Liburan seminggu di Jawa kata dia adalah waktu yang tepat agar puas mengelilingi Pulau Jawa. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kata Siapa Bali Cuma Pantai?

Minggu, 28 Mei 2017 14:20 WIB

Bali tak cuma punya deretan pantai. Datanglah ke Taman Nasional Bali Barat dan naik ke atas menaranya, untuk melihat panorama indah.

Tak Mau Pulang dari Lailiang

Minggu, 28 Mei 2017 08:55 WIB

Pantai Lailiang di Sumba Barat, NTT memang sangat elok dipandang. Pantainya bersih, pasirnya putih dan benar-benar bikin tak mau pulang.