Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Apr 2017 12:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pasar Lolowa yang Instagrammable di Atambua

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Senyum para pedagang di Pasar Lolowa (Fitraya/detikTravel)
Senyum para pedagang di Pasar Lolowa (Fitraya/detikTravel)
Atambua - Tahukah kamu, Atambua punya pasar-pasar yang Instagrammable untuk traveler penyuka fotografi. Ayo datang ke Pasar Lolowa dan nikmati suasananya. Jepret!

Pasar Lolowa ada di sisi selatan Atambua, Kabupaten Belu, NTT. Ini adalah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. detikTravel dan Tim Tapal Batas detikcom berkunjung ke Pasar Lolowa pada Minggu pagi (2/4/2017).

Di Pasar Lolowa, kita bisa melihat warga menjual langsung hasil kebun mereka. Tidak ada bangunan pasar yang solid. Kebanyakan penjual menggelar lapak dan tenda.

Rupanya ada yang membedakan Pasar Lolowa dan Pasar Rakyat Atambua di tengah kota. Saya berbincang dengan Jonan (20) yang menunggu tantenya belanja di pasar.

"Di sini orang-orang kampung jualan langsung sayur mayur hari Sabtu-Minggu saja. Kalau hari biasa tidak buka," kata Jonan.



Theresia Ikun (50) seorang pedagang juga mengiyakan. Perbedaaan lainnya, pedagang di sini sekaligus petani sayur mayur. Mereka menjual langsung hasil kebun mereka.

"Ini pisang, pepaya, labu dari kebun sendiri. Kalau cabai saya beli lagi dari orang lain," kata Theresia.

Banyak pedagang di Pasar Lolowa datang dari daerah Halulik di sebelah selatan Atambua. Seperti Gradiana Balo (37) yang berjualan beras. Pada hari biasa di berjualan di Haluli, baru pada akhir pekan dia jualan di Pasar Lolowa.

Sinyal Telkomsel jadi andalan mereka untuk berkomunikasi dalam jual beli, cari barang atau menghubungi keluarga. "Saya sering telepon anak saya di Bajawa," kata Grandiana Lubasolis (58).

Suasana Pasar Lolowa (Fitraya/detikTravel)Suasana Pasar Lolowa (Fitraya/detikTravel)


Blusukan di Pasar Lolowa, pastikan membawa kamera. Theresia, Gradiana dan para pedagang lain sangat ramah dan fotogenik.

Aneka sayur mayur yang digelar dalam dagangan mereka penuh warna dan menarik untuk menjadi objek jepretan kamera. Daging jarang dijual di sini, hanya beberapa penjual ikan asap. Memang harus ke Pasar Rakyat Atambua jika ingin membeli daging dan ikan.

"Kalau orang kampung tidak bisa jualan di Pasar Atambua. Sudah penuh. Kami orang kampung dikasih jualan di Pasar Lolowa," kata Gradiana.

Pasar Lolowa adalah salah satu wajah Atambua yang menarik. Saat menjelajah Atambua, jangan lupa menikmati hiruk pikuk pasarnya.

Simak kisah-kisah lain petualangan ke Atambua di Tapal Batas Detikcom.

Jejeran cabe yang instagrammable (Fitraya/detikTravel)Jejeran cabe yang instagrammable (Fitraya/detikTravel)
(fay/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED