Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Des 2017 11:45 WIB

D'TRAVELERS PHOTOS

Trekking di Pulau Nusakambangan, Berani?

arief kas
detikTravel Community
Foto 1 dari 10
Hamparan pasir putih yang menawan
Hamparan pasir putih yang menawan
detikTravel Community - Nusakambangan mungkin dikenal sebagai pulau penjara. Namun di balik itu, sebenarnya pulau ini menyimpan keindahan dan bisa juga buat trekking.

Mendengar nama pulaunya saja sudah bergidik, siapa yg tidak kenal Pulau Nusa Kambangan, tempat pengasingan narapidana kelas berat. Tapi suatu hari, saya sedang berkunjung ke Cilacap dan ketika menikmati pantai cilacap, seorang nelayan menawarkan jasa menggunakan perahunya untuk menuju Pulau Nusakambangan yang terkenal angker itu.

Saya menerima tawarannya yang seharga Rp 100.000 PP. Perjalanan menyeberang ke Pulau Nusakambangan cuma sekitar 15 menit dengan perahu motor tradisional. Setibanya kaki saya menginjakkan kaki di pulau tersebut, saya membayar tiket masuk yang murah dan seorang pemandu wisata menawarkan diri untuk mengantar saya ke pasir putih agar tidak tersesat.

Ternyata sisi barat nusa kambangan menyimpan ragam wisata historis mulai dari benteng peninggalan portugis yang kini termakan usia dan dikelilingi oleh akar pohon raksasa hingga meriam kuno. Kami berjalan semakin jauh dan sampailah di seberang pulau dengan hamparan pasir putih yang menawan dan deburan ombak Samudera Hindia. Trekking melalui hutan hujan yang masih asri dan jangan lupa masih ada macan tutulnya lho! Ketika jalan pulang, kami mendengar hauman macan tutul, jadi harus hati-hati. Jangan memakai baju warna cerah, hindari berkata kotor serta takabur selama berada di pulau ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED