Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Agu 2011 10:00 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Makam Yang Dipertuan Muda Riau I dan II

d'travelers
Foto 2 dari 3
Nisan Makam Daeng Marewah
Nisan Makam Daeng Marewah
detikTravel Community - Daeng Marewa dan Daeng Celak adalah 2 orang bersaudara yang merupakan anak dari Daeng Rilekke, bangsawan Bugis. Karena jasanya terhadap Negri Riau, Daeng Marewa diberikan jabatan sebagai Yang Dipertuan Muda Riau I atau setingkat perdana menteri kalau pada masa sekarang. Sementara Daeng Celak adalah pengganti dari Daeng Marewa, menjabat sebagai Yang Dipertuan Muda Riau II.

Daeng Marewa dan Daeng Celak menjadi Yang Dipertuan Muda pada periodeRiau-Lingga di bawah pemerintahan Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah. Daeng Celak sendiri adalah ayah dari Raja Haji dari istrinya Tengku Puan Mandak yang seorang Bangsawan melayu.

Makam Daeng Marewa dan Daeng Celak berada di kota Rebah. Kalau dari pelantar dari Tanjung Pinang bisa menggunakan pompong menyusuri Sungai Carang selama 15 menit. Jembatan penghubung yang membelah sungai ini pun belum jadi, bisa juga dengan menggunakan kendaraan darat seperti motor atau mobil, tetapi harus memutar, karena lokasi makam ini berada di sebrang Sungai yang berada di belakang Rumah sakit Provinsi yang juga belum selesai dibangun.Tepatnya lokasi kedua makam ini tak jauh dari tepi sungai berada ditengah-tengah semak-belukar yang bisa disebut juga sebagai hutan, karena jauh dari pemukiman penduduk.

Menurut warga setempat, kawasan tersebut merupakan areal makam yang luas dari pembesar-pembesar saat kerajaan Riau dahulu. Peziarah dari Malaysia dan Singapura pun kerap datang ke kompleks pemakaman ini pada saat-saat tertentu.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED