Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Mar 2011 11:03 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengunjungi Gua Persembunyian Raja Sekadau

detikTravel Community
Foto 2 dari 3
detikTravel Community - Walaupun bagi para pendatang yang mengunjunginya Gua Lawang Kuari terlihat kumuh dan tidak memiliki arti apa-apa, gua ini justru mempunyai banyak kisah mengenai sejarah dan masa lalu kabupaten tersebut. Terletak di desa Seberang Kapuas, begitu melekatnya gua ini di hati masyarakatnya, gua ini dijadikan maskot bagi pemerintahan kabupaten setempat yang menyebut dirinya sebagai Bumi Lawang Kuari.

Ada beberapa cerita yang sempat didengar dan diperoleh dari masyarakat sekitar. Cerita pertama mengenai keberadaan tiga lubang gua yang terletak di sepanjang Gua Lawang Kuari ini. Tiga lubang gua ini ternyata dimiliki oleh suku yang berbeda-beda. Lubang pertama yang terletak di sebelah kanan (bagian hilir Sungai Kapuas) dimiliki oleh suku Dayak, lubang gua yang berada di bagian tengah dimiliki oleh suku Senganan (Melayu), sementara lubang terakhir yang berada di sebelah kiri (bagian hulu Sungai Kapuas) dimiliki oleh suku Tionghoa. Dulunya, masing-masing gua ini sering ditempati oleh para raja di Sekadau untuk bertapa. Konon, lorong yang berada di masing-masing lubang di gua ini memiliki panjang yang dapat menembus hingga kota Tayan di kabupaten Sanggau.

Kisah lain mengenai Gua Lawang Kuari bertutur mengenai Pangeran Agung dari Kerajaan Sekadau. Tempat ini dikisahkan dulunya menjadi tempat pelarian bagi sang raja setelah tersisih dari kerajaannya oleh para saudaranya. Di lokasi ini, menurut kepercayaan masyarakat sekitar, berdiri sebuah istana milik Pangeran Agung. Namun, karena ditaburi abu gelap, maka yang tampak hanyalah gua baru yang menghadap ke Sungai Kapuas.

Lubang-lubang di mulut gua Lawang Kuari sendiri berukuran sangat kecil untuk dapat dimasuki oleh seorang manusia dewasa. Walau begitu, masyarakat percaya bahwa beberapa orang terpilih dapat masuk ke dalam lubang-lubang tersebut. Dan bagi mereka yang berhasil untuk merangkak masuk ke dalam gua ini, dipercaya akan mendapatkan banyak 'kekayaan' yang berada di dalam gua.

Mereka yang ingin mengunjungi Gua Lawang Kuari harus menyewa sebuah motor boat dari dermaga penyeberangan kabupaten Sekadau. Lokasi gua ini berada sekitar 1 km dari pusat kota Sekadau dan dapat ditempuh selama 15 menit perjalanan air.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED