Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Sep 2011 16:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Hoi-An, Kota Tua yang Tetap Romantis

Sutiono Gunadi
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Historic River, Historic Boat
Historic River, Historic Boat
detikTravel Community -

Perjalanan dengan bis dari Hue ke Hoi-An hanya menempuh waktu 4 jam, karena sudah beroperasinya Hai Van Tunnel, antara Hue dan DaNang. Biaya bis cukup murah hanya USD 4, saya sudah diantar ke kota Hoi-An.

Seperti halnya di Hue, di Hoi-An, hotel juga relatif murah, saya memilih hotel yang dekat dengan situs-situs sejarah, yang dikenal dengan istilah Old Town atau Old Quarter.

Di Hoi-An pejalan kaki sangat dimanjakan, kota ini cukup sepi dengan lalu lalang sepeda motor, beda sekali dengan Hanoi atau Ho Chi Minh City. Antara satu jalan dengan jalan lainnya, dihubungkan oleh gang-gang sempit.

Di kota Hoi-An mengalir sebuah sungai yang disebut sungai Hoai. Di sungai Hoai ini ada resto terapung yang hanya aktif mulai dari matahari terbenam (sunset) hingga malam hari.

Menelusuri kota Hoi-An, Anda akan banyak menemui toko-toko berarsitektur kuno lengkap dengan lampion-nya. Jadi, pastikan Anda berjalan-jalan menelusuri kota Hoi-An pada malam hari, Anda akan menikmati romantisme kota Hoi-An.

Bila Anda hanya ingin menelusuri kota tua, Anda hanya memerlukan waktu satu malam di Hoi-An, tetapi bila Anda ingin menikmati pantai dan pulau Cham, Anda bisa menambah 1-2 hari lagi.

Yang unik untuk memasuki situs bersejarah Anda harus membayar kupon seharga USD 5 untuk mengunjungi lima situs, satu museum, satu rumah tua, satu assembly hall, satu workshop dan landmark kota Hoi-An Jembatan Jepang atau Kelenteng Hoi Quan Quang Dong. Kupon ini dapat dibeli di jalan Hai Ba Trung.

Untuk menelusuri kota Hoi-An, Anda cukup berjalan kaki. Tetapi bila Anda ingin bersepeda atau sepeda motor, ada tempat-tempat yang menyewakannya. Anda mau naik cyclo-pun tersedia.

Di sepanjang jalan yang Anda lalui, Anda akan menjumpai restoran, toko souvenir, toko pakaian dan yang paling menyolok adalah tailor atau tempat pembuatan jas (yang bagus, murah dan cepat). Sebagian restoran dan toko souvenir masih mempertahankan arsitektur kuno yang khas.

Dengan kupon yang ada, Anda bisa memilih satu dari empat museum yang tersedia, yaitu museum keramik, kebudayaan rakyat, sejarah dan budaya Say Huynh. Ada tiga pilihan rumah tua, yaitu Tan Ky, Quan Thang, dan Phung Hung. Ada tiga pilihan assembly hall, yaitu Hainan, Hokkian, dan Canton. Pilihan terakhir, Anda bisa memilih untuk memasuki theatre tradisional atau workshop kerajinan tangan

Selain itu bagi Anda yang gemar kuliner, Anda bisa mengikuti kursus masak makanan khas Hoi-An, termasuk mempelajari arti dari nama-nama makanan.

Beberapa makanan khas Hoi-An, di antaranya Hoi-An Cou Lau (mie dengan potongan daging dan kerupuk dari beras), Banh-Bao Vac (udang),  pangsit, dan beberapa kue manis traditional Hoi-An. Makanan di Hoi-An murah dan lezat.

Karena saya tidak mengagendakan mengunjungi pantai dan pulau Cham, maka sore harinya saya segera menggunakan taxi menuju DaNang dan menuju Ho Chi Minh City menggunakan pesawat. Di sepanjang jalan antara Hoi-An dan DaNang saat ini sedang dibangun banyak resort, yang mungkin sudah beroperasi dalam waktu 1-2 tahun mendatang.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Melihat Liburannya 'Superman'

Selasa, 21 Nov 2017 23:44 WIB

Henry Cavill, pemeran Superman ternyata suka traveling. Di sela kesibukannya main film, dia menyempatkan berkunjung ke beberapa negara. Begini gayanya.