Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 17 Sep 2011 12:16 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menikmati Indahnya Pantai Teluk Awur, Jepara

Fatkhul Muin
d'travelers
Foto 1 dari 3
 Pantainya berpasir putih
Pantainya berpasir putih
detikTravel Community -

Liburan kali ini cukup menggembirakan kami sekeluarga karena semua putra dan putri kami dapat berkumpul sambil bercanda ria di rumah. Tahun-tahun yang lalu setiap liburan kami jarang mendapatkan waktu untuk berkumpul full karena ada salah satu putriku yang harus liburan di pondok pesantren. Namun, kali ini putri saya yang sulung melanjutkan sekolahnya di MAN Insan Cendekia, Serpong dan pada liburan semester 1 ini diberikan libur oleh sekolahnya selama satu minggu. Oleh karena itu, momen liburan ini tidak kami sia-siakan begitu saja, selama satu hari kami ingin bersantai dan mengembirakan anak-anak saya.

Karena sudah lama tidak ke pantai maka pilihan anak-anak saya berlibur menikmati indahnya pantai dengan deburan ombak dan pasir putihnya yang menghampar luas. Kami berangkat berempat, saya dan ketiga anak saya komplit tidak ada yang ketinggalan. Menaiki sepeda motor dengan box di belakang kami isi perlengkapan untuk ke pantai selain bekal, ada handuk, pakaian ganti, sabun, dan sampo.

Meski agak sesak satu motor untuk berempat tapi kami semua merasakan asyik-asyik saja terutama putra ketiga saya yang berdiri di depan. Dalam perjalanan menuju pantai banyak pemandangan yang mereka lihat, ada tambak garam, tambak ikan, para pencari ikan, dan perahu nelayan. Setiap ada hal yang baru anak-anak kami selalu bertanya–tanya sehingga membuat perjalanan kami ke pantai tidak terasa.

Setelah menempuh satu jam perjalanan dari rumah, sampailah kami di Pantai Teluk Awur Jepara salah satu alternatif wisata pantai selain Pantai Kartini Jepara dan Pantai Tirto Samudra Bandengan Jepara. Kedua pantai yang saya sebutkan di belakang adalah tempat wisata pantai berbayar tapi Pantai Teluk Awur ini tidak berbayar alias gratis .

Oleh karena itu, ketika kami sampai kondisi pantai sudah ramai dengan para pengunjung yang kebanyakan datang bersama keluarga mereka. Dengan gembira mereka menikmati deburan ombak yang datang silih berganti, dengan menyewa ban-ban bekas merekapun mengikuti arah ombak sambil menaiki ban bekas laksana naik perahu yang bergoyang-goyang. Untuk yang masih kecil-kecil hanya berlarian di sepanjang pantai yang beralaskan pasir putih, sambil sesekali bermain pasir dengan membuat patung-patung dari pasir.

Begitu juga ketiga putra saya , setelah berganti pakaian merekapun langsung terjun menyapa ombak yang berdebur tiada henti . Dengan bersuka cita merekapun bercanda ria melupakan kelelahan perjalanan ataupun kesibukan mereka akan belajar setiap hari. Sesekali mereka berhenti berlarian untuk sekedar berguling-guling di pasir menikmati deburan air ombak yang menimpa tubuh mereka , setelah itu merekapun kembali berlarian dan bercanda ria . Dari kejauhan sayapun mengawasi mereka menjaga mereka dari hal-hal yang terburuk karena mereka belum mahir berenang. Bagi pengunjung yang mahir berenang bisa membawa ban-ban bekas menuju ke tengah kemudian mengikuti arus ombak yang terus bergoyang-goyang.

Berwisata di Pantai Teluk Awur ini cukup ekonomis, selain tidak ada tiket masuk, fasilitas pendukung juga masih serba sederhana. Oleh karena itu, jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini silakan membawa fasilitas dari rumah, jika Anda punya tenda, tikar atau yang lain bisa Anda bawa ini dapat membawa kenyamanan Anda berwisata di tempat ini. Untuk parkir baik mobil atau sepeda motor bisa langsung di parkir di bibir pantai sehingga kita tidak akan kesulitan untuk masuk dan keluar dari pantai ini .

Untuk membilas badan setelah mandi di pantai kita dapat menggunakan kamar mandi sederhana yang disediakan warga sekitar dengan tarif yang murah, Rp1.000,00 sekali pakai. Jika tidak sempat membawa bekal makanan, di pinggir pantai ini banyak bertebaran warung-warung yang menjual berbagai makanan dan minuman ringan yang dapat Anda nikmati dengan harga yang murah dan ekonomis.

Nah jika Anda kebetulan berkunjung ke Kota Jepara saya merekomendasikan untuk datang ke Pantai Teluk Awur ini, adapun rute yang dilewati cukup mudah. Sesampainya di Kota Jepara Anda dapat bertanya siapapun akan tahu pantai ini. Setelah dari pantai ini Anda dapat mengunjungi tempat wisata lain di Jepara ataupun melihat-lihat sentra ukir atau menikmato buah durian di Pasar Durian Ngabul Jepara yang dikenal dengan durian petruknya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED