Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Okt 2011 17:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Sadranan

Rizky Aldian
d'travelers
Foto 1 dari 2
Pantai Sadranan
Pantai Sadranan
detikTravel Community -

Beberapa waktu yang lalu saya di ajak teman yang bernama Sidiq untuk mengunjungi tempat KKN-nya di daerah Pantai Sadranan, Gunung Kidul. Teringat cerita tentang pantai di Gunung Kidul, saya pun mengiyakan ajakan tersebut bersama dengan empat teman lainnya. 

Pantai Sadranan bisa ditempuh sekitar 2 jam mengendarai motor di Selatan Yogyakarta. Lokasinya segaris dengan gugusan Pantai Lalin yang ada di Gunung Kidul seperti Kukup, Krakal, Sundak, Baron dan lainnya (ada 12 kalau tidak salah). Perjalanan ke tempat ini nggak susah. Tapi, ya memang jauh dan harus berusaha lebih kalau berangkat dari Jogja karena setahu saya tidak ada rute angkutan umum dari dan menuju Jogja.

Saya dan teman-teman menginap di rumah juru kunci pantai ini yang bernama Mbah Lono. Kok bisa? Seperti yang sudah saya bilang di awal, teman saya Sidiq dulu KKN di tempat ini, jadi sudah kenal. Tapi, kalaupun nggak ada kenalan pun di tempat ini banyak penginapan-penginapan kecil yang di bangun oleh masyarakat setempat untuk wisatawan. Lumayan bersih kok. Atau kalau mau menambah pengalaman, pasang tenda aja. Dibolehin asal ngomong ke masyarakat setempat.

Pantai Sadranan ini ternyata emang keren banget. Pantainya putih dan airnya biru jernih banget. Isinya karang tapi masih bisa buat berenang kalau datang di waktu yang tepat (sekitar pukul 08.00-11.00). Setelah itu, air akan surut jauh dan yang bisa kita nikmati cuma karang dengan penghuninya.

Pantai ini belum banyak di eksploitasi, atau memang sengaja enggak, oleh masyarakat sekitarnya. Jadi, ya fasilitas pendukung emang nggak banyak yang bagus. Tapi, cukup nyaman kok. Satu lagi yang perlu di ingat, di tempat ini sinyal telepon seluler lebih langka dari minyak tanah. Kalau saya sih nggak masalah. Sekali-sekali terputus dari dunia luar itu lumayan mengasyikan. Pantai ini menunjukan kalau Jogja itu kaya akan wisatanya, lengkap banget, dan nggak kalah sama Bali. Mulai dari pariwisata gunung sampai pantai semua ada. Jadi, jangan bilang udah ke Jogja kalau yang di datengin cuma mentok di Malioboro. 

BERITA TERKAIT
BACA JUGA