Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Okt 2011 11:46 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Green Valley Citumang

ighfirli
d'travelers
Foto 1 dari 3
detikTravel Community -

Citumang merupakan objek wisata pemandian alam yang memesona. Keeksotisannya berupa pepohonan, air, dan batu yang menghiasi panorama alam.

Awal aku tahu tempat wisata ini ketika aku pulang ke Pangandaran--tempat mertua aku tinggal, dalam rangka menjenguk anak aku. Istri dan keluargaku memberitahu kalau ada objek wisata yang sangat eksotis, yaitu Pemandian Alam Citumang. Berawal dari cerita dan rasa penasaran tersebut aku yang dari Jogja menggunakan sepeda motor menuju Pangandaran sekaligus pulang kampung, dengan rencana 3 hari tinggal dan perjalanan.

Aku menempuh perjalanan selama 7 jam dengan biaya Rp30.000,00. Dalam perjalanan tersebut aku istirahat satu kali dan transit ke SPBU tiga kali. Dalam perjalanan aku ditemani istri dan membawa barang atau oleh-oleh untuk keluarga dan anakku di Pangandaran.

Sesampainya di Pangandaran aku mencari makanan kesukaanku, yaitu bakso ala Pangandaran. Maklum perut sudah kelaparan. Setelah merasa kenyang aku langsung menuju rumah mertua. Keesokan harinya akau bersiap bersama istri, anak, kakak ipar, keponakan, dan bibiku untuk pergi ke objek wisata Pemandian Alam Citumang dengan dua sepeda motor. Perjalanan ini aku tempuh kira-kira 20 menit untuk sampai tujuan. Namun, tak disangka kami harus transit ke tempat teman bibi yang dekat dengan pintu masuk, dengar-dengar katanya kalau bawa anak kecil (kebetulan anakku berumur 8 bulan) nanti akan terjadi yang tidak-tidak. Dengan terpaksa aku meninggalkan anak dan bibiku di tempat tadi.

Perjalanan aku lanjutkan kira-kira 5 menit ke parkir kendaraan, lalu aku lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit menuju loket. Aku cukup membayar Rp10.000,00 itu pun melalui nego, dikarenakan yang akan mandi hanya aku dan kakak iparku.

Aku melihat rompi di samping loket tersebut, dan aku menanyakan untuk apa itu. Aku diberitahu bahwa ada paket untuk perjalanan telusur sungai dengan membayar pemandu dan rompi. Berhubung uang pas-pasan aku tidak mengambil paket itu.

Kemudian aku berjalan kembali kira-kira 10 menit untuk dapat sampai di tempat tujuan utama, dengan melalui tepian sungai aku melihat begitu eloknya sungai ini, dan sesampainya di sana aku ganti pakaian untuk mandi (di sana sudah ada kamar ganti).

Perasaan terbayar sudah karena perjalanan yang cukup lelah, air yang jernih dan nikmat membahasahi seluruh tubuhku. Sudah merasa puas aku pun memutuskan pulang untuk makan siang, sebelumnya aku menjemput anakku. Kami makan ikan bakar di Cilempay, acara makan ini hanya mengeluarkan uang untuk membayar sebesar Rp120.000,00. Dan, akhirnya kami pulang ke rumah dengan selamat, Alhamdulillah.

Biaya:

1. Jogja – Pangandara

Sepeda Motor: Rp30.000,00

Travel           : Rp95.000,00

Bus              : i.      Jogja – Cilacap (AC)   : Rp50.000,00

                     ii.     Cilacap – Pangandaran: RP30.000,00

2. Pangandaran–Panyingkiran

Bus: Rp3.000,00

3. Panyingkiran–Citumang

Naik Ojek: Belum Tah

4. Penginapan

Hotel: Kurang Lebih Rp150.000,00 per malam

5. Makan : selera masing-masing

BERITA TERKAIT
BACA JUGA