Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Okt 2011 16:52 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Indah yang Seru Pastinya Klayar dan Srau, Pacitan

Eldiansyah
d'travelers
Foto 1 dari 5
Siap menuju Pacitan
Siap menuju Pacitan
detikTravel Community -

Tiga belas kepala telah menyatu untuk satu tujuan. Persiapan dilakukan secara bersama-sama, mulai dari perlengkapan camping seperti tenda, kompor, alat makan, makanan untuk bekal nanti di pantai dan lain sebagainya dicukupi. Semua sepakat dan memang sekiranya transport satu-satunya yang cukup efisien waktu dan kantong kita, yaitu menggunakan sepeda motor.

Dokumentasi sesaat sebelum berangkat pun tidak lupa beserta doa untuk keselamatan dan kelancaran perjalanan. Jogja menuju Pantai Klayar kita tempuh melalui Wonosari. Jalan penuh tanjakan dan turunan curam dan sempit menghabisakan waktu sekitar 4 jam, cukup untuk membuat pantat kesemutan dan sulit berdiri tegak setelahnya karena pegal di sana-sini.

Beberapa waktu berselang, setelah berhenti berkali-kali untuk istirahat, dan mulai jenuh dengan perjalanan. Kemudian mulai tercium aroma khas laut, dan angin yang tak asing berhembus. Welcome to Klayar Beach.

Terpesona, sudah pasti. Ini kali kedua saya mengunjungi Klayar, pesonanya sedikit berkurang jika dibanding setahun lalu saya kesini. Pedagang semakin ramai, pengunjung semakin ramai dan sampah juga ikut meramaikan. Miris memang, potret setitik noda untuk salah satu sudut pariwisata Indonesia atau mungkin dibanyak sudut lainnya, di mana manusia, sampah pun tidak lupa bertaburan. Apa daya, sebagai pengunjung saya hanya menjaga sampah saya sendiri. Fasilitas yang masih sangat minim, padahal sebelum masuk kita diwajibkan untuk membayar retribusi oleh pihak bersangkutan.

Pertarungan jingga dan biru di ufuk Barat tak terhindarkan, senja berlalu menjemput malam. Tenda sudah dipersiapkan, sebagian bermain dipinggiran pantai sembari mengabadikan liburan kali ini, dan yang lain sekedar ngalor-ngidul di depan tenda dengan suguhan lukisan Tuhan yang luar biasa.

Waktu makan malam tiba, makan malam dan berlanjut sengan cerita-cerita yang perlahan semakin malam berujung curhat. Satu per satu tumbang tertidur pulas, ada yang didalam tenda, ada yang hanya beralaskan rumput beratap langit dan bintang, ada pula teman yang terus bertukar cerita hingga lupa waktu. Air tak lelah menghantam karang terus menggelegar, langit cerah penuh bintang, angin malam ala pantai terus berbisik. Menjadi penghantar tidur yang membuat hari ini terasa indah.

Terang benderang mentari semakin tinggi satu per satu terbangun. Pagi yang terlalu indah akhirnya memenangkan pertarungan dengan rasa kantuk dan lelah, kita pun menyusuri pantai dan memulai berjalan. Jepret sana-sini hingga lupa waktu kalau kita masih ada satu tujuan lagi, yaitu Pantai Srau. Sekitar 30 menit dari Pantai Srau. Kita memilih Pantai Srau karena dekat dengan Klayar tetapi juga ada spot kecil yang menjadi tempat favorit untuk bisa bermain ombak dengan aman, mengingat pantai-pantai selatan Jawa berombak dahsyat dan penuh karang.

Puas bermain, keliling pantai, berfoto-foto dan tidak lupa membereskan perlengkapan secara gotong royong. Perjalanan kita lanjutkan menuju pantai Srau.

Yeeeiyy...! Srau. Pantainya lebih panjang, kadang terlihat orang berselancar. Istirahat sejenak. Godaan menggugah, satu persatu mulai menceburkan diri di satu spot dimana kita bisa menikmati ombak dan pasir halusnya dengan aman. Dan mengabaikan matahari masih menyengat tinggi tetap ku tak perduli.

Lama bermain dalam air, lapar pun datang. Waktunya memasak. Makan dengan bekal yang ada. Semua terasa nikmat dan indah. Suguhan pantai, aroma khas laut, kehangatan kebersamaan, penuh canda tawa hingga lelah pun terlupa.

Jauh sebelum matahari rendah kembali, kita bersiap untuk perjalanan pulang. Dua hari satu malam yang melelahkan. Semua terlihat senang dan tak sabar kembali pulang karena Jogja masih jauh kawan. Dan kita semua menggunakan sepeda motor. Semua sepakat untuk lain waktu kita akan berlibur lagi dengan tujuan baru, cerita yang lebih seru, dan tentunya dengan semangat yang menggebu.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA