Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Okt 2011 15:05 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Banda Neira

PARADISO TRANS7
d'travelers
Foto 1 dari 5
Di atas Gunung Api Banda
Di atas Gunung Api Banda
detikTravel Community -

Jika ingin merasakan suasana kota tua dengan keindahan alamnya yang cantik dan kaya akan sejarahnya, datanglah ke Banda Neira. pulau yang termasuk dalam rangkaian Kepulauan Banda di Tenggara Kota Ambon ini sungguh memesona. Untuk pencinta sejarah di sini ada Benteng Belgica yang dibangun oleh Gubernur Jenderal VOC yang pertama, Piether Both pada tahun 1611. Ada juga Istana Mini Neira yang digunakan sebagai tempat tinggal sang gubernur dan dibangun setahun lebih awal dari Istana Negara di jakarta.

Tokoh-tokoh nasional seperti Bung Hatta dan Syahrir juga pernah diasingkan di sini. pada masanya Banda Neira pernah menjadi pusat pemerintahan dan perdagangan Pala Belanda di Indonesia.

Dan, kurang pas rasanya jika berkunjung ke Banda Neira tapi tidak menikmati alam bawah lautnya. Ada beberapa titik penyelaman yang menjadi langganan untuk pencinta diving dan snorkeling. Salah satunya adalah lava Flow yang berada di sekitar Gunung Api. Gunung Api adalah pulau gunung berapi kecil yang terletak di sebelah Barat Banda Neira. Gunung ini meletus pada tahun 1988 dan lava panasnya mengalir ke Laut Banda serta menghancurkan sistem terumbu karang yang ada.

Fenomena alam ini ternyata membuat pertumbuhan karangnya menjadi yang tercepat di dunia. Setelah 23 tahun sejak letusan itu, tutupan karang di lava Flow menjadi sekitar 90% dengan keanekaragaman biota laut dan variasi jenis karang yang memesona. Jadi, jangan lewatkan Banda Neira kawan! PARADISO....

BERITA TERKAIT
BACA JUGA